Yudi Widiana Adia, Penyuka Off Road dari Senayan

Yudi Widiana Adia
Sumber :

VIVA.co.id – Yudi Widiana Adia lahir di Sukabumi, 46 tahun silam. Kehidupan masa kecil Yudi layaknya anak-anak pada umumnya. Yudi kecil duduk dibangku SD Pintu Kisi II Sukabumi, lalu melanjutkan ke SMP Negeri 2 Sukabumi dan lanjut ke SMA 1 Sukabumi.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Yudi memulai karirnya dengan menjadi dosen di Universitas Ibn Khaldun, Kota Bogor pada tahun 1995. Kemudian ia melanjutkan di STIAMI, Jakarta pada tahun 1997 dengan profesi yang sama.

Karir politik Yudi dimulai saat diamanahi untuk menjadi sekretaris PKS di wilayah Jawa Barat pada 1999 hingga 2009. Pemilu tahun 1999, mengantarkan Yudi terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah termuda se-Jawa Barat. Visi politik saat menjadi anggota DPRD berupa penyadaran pada politik umat.

Menurut pemahaman Yudi, politik adalah terus berbuat baik, walaupun pada kenyataannya seseorang tidak cukup dengan berbuat baik tetapi harus dibarengi dengan seni saat berbuat baik.

Lima tahun dijalaninya sebagai Anggota DPRD Jawa Barat hingga tahun 2004, Yudi pun kembali menjadi pengurus partai, sekaligus kembali ke karirnya dulu. Ia kembali mengajar di Universitas Islam Negeri di Bandung pada tahun 2005. Masih pada tahun yang sama, Yudi juga menjadi Penasehat di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia dan PW Muhammadiyah di Jawa Barat.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

Pada pemilu 2009, Yudi kembali bertarung di dunia politik. Berangkat dari Dapil Jawa Barat 4, meliputi Kabupaten dan Kota Sukabumi, kader PKS berbakat inipun terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2009-2014. Ia pun ditugaskan F-PKS untuk dipercaya di Komisi V DPR RI yang membidangi Perhubungan, Telekomunikasi, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal.

Lima tahun dijalani lulusan Master Universitas Padjajaran ini sebagai Anggota Komisi V DPR RI hingga akhir periode.

Kembali pada tahun 2014 ia mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di Pemilu 2014 dari Dapil yang sama setelah memperoleh 30.119 suara pada Pileg 2014. Meskipun masih ditugaskan di Komisi V DPR RI namun kini tugas yang diembannya cukup berbeda. Kini Yudi menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang membidangi perhubungan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan dan daerah tertinggal, meteorologi, klimatologi & geofisika. Yudi dipercaya menjadi Wakil Ketua Komisi V.

Di tengah kesibukannya dengan sebagai anggota dewan, Yudi dan keluarga selalu menyempatkan untuk liburan bersama. Bahkan, keluarga wajib berkumpul setiap seminggu sekali.

Yudi juga ternyata memiliki hobi yang memicu adrenalin. Bermula pada tahun 2012 ia hanya diajak untuk menonton off road dan race adventure, dan tak lama kemudian ia mulai menggeluti hobi barunya tersebut. Bersama teman-teman komunitasnya ia membangun mobil dan mengendarainya di berbagai medan off road.

Ia mengaku saat mengendarai mobil off road menemukan sensasi dan tantangan tersendiri. Bahkan off road bukan hanya menjadi hobi, ia bersama timnya mulai mengikuti kejuaraan dan sudah beberapa kali mendapat juara.

Kejuaraan setiap tiga bulan sekali yang diikuti Yudi bersama tim sekaligus menjadi ajang silaturahim di komunitas yang tersebar di Lombok, Kalimantan, Jawa Timur dan lain-lain.

Tahun 2012, tim Yudi menjadi juara 1 event off road gelaran salah satu perusahaan ternama nasional. Saat itu lokasi kejuaraan tersebar di 6 titik di seluruh Indonesia.

Yudi berharap, negara harus mampu dan menjawab permasalahan rakyatnya, sehingga permasalahan negara tidak semakin rumit. Ia berharap negara dapat semakin memperhatikan kebutuhan rakyat dan mencari solusi dari berbagai permasalahan bukan hanya dengan feeling tetapi dengan pengetahuan. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya