Layanan Roaming VoLTE Smartfren Sudah Siap, Tapi..

Smartfren 4G LTE Advanced.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id – PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) telah melakukan uji coba layanan terbaru, yakni Voice over LTE (VoLTE), untuk bisa digunakan di luar negeri atau international roaming VoLTE. Untuk tahap pertama, Smartfren menggandeng operator telekomunikasi asal Korea Selatan, LG Uplus.

Usai VoLTE, Smartfren Siapkan Teknologi VoWIFI

Uji coba ini menggunakan teknologi data roaming LTE yang tersedia, sehingga memungkinkan layanan roaming VoLTE dapat menghantarkan panggilan telepon dan video dengan kualitas suara dan gambar High Definition (HD).

"Untuk roaming VoLTE ini kita kerja sama dengan LG Uplus asal Korea Selatan, karena mereka operator 4G LTE yang sudah menyediakan layanan VoLTE. Jadi, kita kerja sama dengan mereka untuk roaming VoLTE," ucap Novi H. Lestari, International Service Department Smartfren, di Jakarta, Jumat 15 April 2016.

Smartfren Mulus dalam Lonjakan Trafik Lebaran 2016

Novi melanjutkan, alasan lain menggandeng LG Uplus, karena operator seluler luar negeri belum banyak yang mengadopsi VoLTE. Dengan kondisi ini, sulit untuk menghadirkan layanan video call menggunakan jalur data lintas negara.

"Operator luar negeri yang LTE sudah banyak, tapi yang adopsi VoLTE masih sedikit. LG Uplus juga dinilai sebagai pionir di Korea. Ke depannya, kita akan memperluas jangkauan roaming VoLTE ini, tentunya yang memiliki LTE dan VoLTE," kata dia.

Smartfren Klaim Pelanggan VoLTE Capai 50 Ribu Orang

Dengan rampungnya uji coba layanan roaming VoLTE oleh Smartfren menandakan anak usaha dari Sinarmas Group itu menjadi yang pertama sukses menyelesaikan uji coba roaming VoLTE di Indonesia.

Tak hanya LG Uplus, Smartfren akan bermitra dengan operator lainnya di dunia untuk menghadirkan layanan tersebut.

Sementara itu, soal kapan kepastian layanan roaming VoLTE tersebut dirasakan oleh pengguna, Smartfren mengungkapkan hal itu tergantung dari ketersediaan handset yang mendukung jaringan generasi keempat dan VoLTE tentunya.

"Dalam waktu dekat belum bisa dikomersilkan, karena handset yang bisa VoLTE saja diperkirakan akan booming pada semester dua tahun ini," ungkap Roberto Saputra, Chief of Brand Smartfren.

Meski demikian, Roberto mengatakan layanan roaming VoLTE sudah siap untuk digunakan. Namun ketersediaan handset VoLTE yang masih minim dan juga belum banyak operator yang mengadopsi VoLTE dinilai cukup menjadi batu sandungan untuk mengomersilkan roaming VoLTE.

"Kita memperkirakan layanan roaming VoLTE ini sudah bisa dirasakan pada akhir tahun depan (2017)" jelas dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya