Mencicip Gurih dan Pedas Ragam Hidangan Nasi Nusantara

Nasi Janda BT
Sumber :
  • Dapur Panglima

VIVA.co.id – Khasanah kuliner Nusantara begitu beragam dan seringkali menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis kuliner Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu muncul katering sehat khusus hidangan Indonesia yang rendah kalori, lemak, dan garam, kini dibuka bisnis nasi kotak yang menyajikan ragam hidangan tradisional Indonesia, bernama Dapur Panglima.

Asyiknya Mencicipi Kuliner Nostalgia di Utara Jakarta

Nama Panglima diambil dari inspirasi seorang panglima yang gemar bertualang ke seluruh daerah di Tanah Air dan mencicipi makanan khas masing-masing daerah. Ia lantas memutuskan untuk membuat ulang seluruh makanan yang meninggalkan kesan mendalam baginya.

Saat ini, bisnis yang tergabung dalam Culture Royale Group tersebut mengkhususkan pemesanan nasi kotak dan nasi tumpeng, baik itu untuk kalangan pribadi, perusahaan atau pemerintahan yang seluruh menunya merupakan hidangan khas Indonesia.

RESEP: Lezatnya Tumis Bia Khas Ambon

"Kami juga melihat bahwa kebutuhan akan nasi box dan nasi tumpeng sangat besar di Jakarta. Kami berusaha memenuhinya dengan menyajikan delapan jenis nasi daerah Indonesia terbaik yang kami kreasikan," ujar Derrick Buntaran, Managing Director Culture Royale Group.

Ia mengaku telah berpengalaman dan pernah memasak lebih dari 10 ribu nasi kotak dalam sehari dan tetap mempertahankan konsistensi serta kualitas rasa.

Bank Sumut Gandeng UGM Bangun Pendidikan di Sumatera Utara

Terdapat delapan menu nasi kotak yang ditawarkan. Salah satunya adalah nasi langgi, nasi kuning khas Solo dengan lauk osik daging sapi, kering tempe kacang ebi, orek tempe gembus, serundeng pedas, udang garing, telur dadar iris, timun, kemangi dan sambal.

Ada pula kuliner Cirebon, nasi jamblang yang disajikan dengan sambal goreng printil, kering kentang stik teri medan, serundeng ayam, usam garing, telur pindang kecap, orek tempe manis, lengko dan sambal.

Menu lain yang menjadi andalan ialah, nasijanda BT, atau nasi kombinasi antara menu Jawa Sunda dan Betawi, dimana Anda dapat memilih antara pepes ikan mas atau ayam goreng, dilengkapi dengan osik daging, serundeng kacang, telur pindang kecap, tumis jagung teri medan, terong raos, sambal goreng kering ati, timun kemangi dan sambal.

Lima menu nasi lainnya antara lain nasi liwet ayam khas Jawa Tengah, nasi berkah yang merupakan nasi campur dengan unsur beberapa daerah sekaligus, nasi udang raos pisan khas Jawa Barat, nasi pedas khas Bali dan nasi pandan wangi khas Jakarta.

Nah, yang menjadi keunikan Dapur Panglima adalah, di sini konsumen dapat memilih sendiri sambal sesuai yang mereka inginkan sebagai pendamping nasi kotak. Ada 10 jenis sambal tradisional Nusantara yang dapat dipilih, antara lain sambal mangga, balado, bajak, tomat, matah, kemangi, hijau teri, kecap, bawang dan kecombrang.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/04/22/5719e41eecb9b-aneka-sambal-tradisional-nusantara_663_382.jpg

Seluruh menu tadi dibanderol dengan harga Rp33 ribu per porsi, kecuali nasi janda BT dan nasi berkah yang masuk ke dalam menu premium dan tiap porsinya dihargai Rp43 ribu.

Nasi tumpengnya sendiri terdiri dari dua jenis yaitu nasi langgi dan dan nasi pandan wangi yang bisa dipilih sesuai selera. Pemesanan nasi tumpeng mulai dari 20 pax, 30 pax hingga 50 pax.

Dapur Panglima belum memiliki outlet dan menerima orderan dari hari Senin hingga Minggu, termasuk tanggal merah.

Dapur Panglima
Telp: (021) 7993161
Situs: dapurpanglima.com

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya