Komisi IV: Data Soal Importisasi Jagung Politis

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi menyoroti perbedaan data antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian mengenai importisasi jagung.

Kurangi Defisit Dagang, Mentan Akan Tekan Industri 'Tukang Impor'

Menurutnya akurasi data itu penting dan jangan sampai data itu menjadi polemik seperti sekarang ini.

"Data yang sekarang kan bernuansa politis, jadi misalnya ada penurunan tidak diekspose. Saya kira BPS juga harus serius validasi data itu," ujarnya di Senayan, Selasa 26 April 2016.

DPR RI Tetapkan Daftar Nama Anggota Komisi dan AKD

Ia mengatakan ada perbedaan data yang diberikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Koordinator Perekonomian soal impor jagung.

Menurut Kementan, pihaknya menyetop impor jagung tahun ini karena target produksi jagung surplus 3 ton. Sementara dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) Kemenko Perekonomian disepakati adanya impor jagung sebesar 1,5 ton.

Kementan Ingatkan Petani Jagung, Hama Ulat Grayak Jenis Baru Mewabah

"Surplus itu menurut siapa, kita kan juga melihat kondisi iklim yang terjadi dulu jadi jangan langsung tetapkan gitu," ujar Viva.  (webtorial)

Ilustrasi jagung

Atasi Harga Jagung Mahal, RI Buka Impor Gandum Pakan 300 Ribu Ton

Kuota impor ini terpaksa dibuka karena sebagai bentuk alternatif pakan murah bagi para peternak ayam layer dan masih tingginya harga jagung.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2021