Bos BEI Beberkan Alasan Miliarder Ogah Bawa Uang Masuk RI

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio.
Sumber :
  • Viva.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio mengungkapkan alasan para miliarder Indonesia lebih memilih untuk menempatkan dananya di luar negeri, atau bahkan di negara suaka pajak (tax haven).

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Menurut Tito, konstruksi kepastian hukum yang diberikan oleh pemerintah terhadap para pemilik dana tersebut, menjadi salah satu pertimbangan utama. Para miliarder Indonesia lebih memilih memarkir dananya di luar negeri.

"Saya itu bekas pengusaha. Tetapi, terkadang mereka itu bukan tidak mau bawa (dana ke Indonesia). Tetapi, soal keamanan dari dana mereka," ujar Tito dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi XI DPR di gedung parlemen Jakarta, Rabu 27 April 2016.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Jika pemerintah mampu memberikan kepastian hukum yang jelas, menurut Tito, para pemilik dana tersebut diyakini tidak akan sungkan untuk kembali ke Indonesia. Terkait hal itu, pemerintah pun diminta untuk melihat bagaimana efektivitas kepastian hukum yang diberikan.

"Ini harus menjadi introspeksi kita. Dana tersebut, bukan juga karena ada kewajiban bayar pajak di Indonesia. Saya yakin, jika ada keamanan dan kepastian, dana itu bisa balik," katanya.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

Tito memperkirakan, ada sekitar Rp3.000 triliun dana orang Indonesia yang masih malang melintang di seluruh dunia.

"Jadi, memang banyak sekali. Mereka taruh dana di luar itu, ketika dolar masih Rp2.000. Saya percaya, mereka akan masuk ke Indonesia," ucap dia. (asp)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023