Komisi X Sayangkan Serapan Anggaran Ekonomi Kreatif Kecil

Komisi X DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP)
Sumber :

VIVA.co.id – Komisi X DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di Nusantara I. Dalam RDP kali ini juga disinggung soal perfilman Indonesia.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Anggota Komisi X Venna Melinda saat  RDP mengatakan terkait ekonomi kreatif, di dapilnya ada Reog Kendang Tulungagung, masyarakat setempat menurut Venna menuturkan bahwa Reog Kendang istimewa dibandingkan Ponorogo, namun tidak diakui.

"Mereka mengatakan Reog kita ini istimewa buk dibandingkan Reog Ponorogo, cuma kadang-kadang kita tidak diakui, karena biasanya yang dikenal hanya Reog Ponorogo. Kita juga minta diakui lah," ujarnya, Kamis 28 April 2016.

Lets Share Indonesia Gelar Cooking for Charity Bareng Chef Santhi Serad

Ia menuturkan serapan anggaran Badan Ekonomi Kreatif terlalu kecil dengan nilai Rp10 miliar, dalam artian serapannya hanya 1 persen dari pagu Rp1,1 triliun.

"Bagaimana dengan nasib seniman-seniman daerah. Menurut saya kalau memang belum maksimal, ya seperti apa perencanaan ke depan," ujar Politisi Demokrat.

Floratama Learning Center, Solusi Jadikan Labuan Bajo Flores Destinasi Super Prioritas

Ia menyayangkan serapannya tentang yang terlalu kecil. Masih banyak festival-festival seni, kemudian ada komoditas-komoditas seniman di daerah yang ingin sangat disentuh.

"Kalo serapan itu terlalu kecil kasihan seniman-seniman di daerah, banyak di daerah yang ingin disentuh. Apalagi yang kita tahu janjinya Pak Jokowi di awal itu meningkatkan ekonomi kreatif. Tapi setelah setahun ini belum terwujud," katanya.  (webtorial)

Buka Perwakilan di 5 Negara, Ekonomi Kreatif RI Mulai Ekspansi ke Eropa

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) menegaskan komitmen untuk ekspansi ke sejumlah negara-negara Eropa dan Inggris, guna mempromosikan pertumbuhan ekonomi kreatif.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024