Ganjar Cerita Pemuda Modifikasi Mobil Bernilai Miliaran Urus Dokumen Kendaraan Dipersulit

Bacapres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo mengaku akan melakukan sejumlah hal untuk meningkatkan nilai ekonomi kreatif bila terpilih sebagai presiden. Pertama-tama, katanya, dia akan memangkas birokrasi untuk mempermudah izin. 

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Jadi, semua perizinannya gampang, masuknya gampang, tidak berbelit, tidak ada pungli, tidak ada korup, tidak dipersulit. Kalau bisa dipermudah, kenapa dipersulit; tetapi kita pangkas," kata Ganjar kepada wartawan, Selasa, 24 Oktober 2023.

Ganjar juga mengaku akan memberikan kepastian hukum. Baginya, itu harus dilakukan karena nilai ekonomi kreatif tak terbatas. "Ini istilah saya: 'langit tanpa batas, sumur tanpa dasar'. Ruangnya guede banget, apalagi masuk dunia digital," katanya.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Potensi ekonomi kreatif di Indonesia, menurutnya, sangat besar. Untuk itu, ia meyakini pemerintah perlu memberikan pendampingan untuk mendorong para pelaku ekonomi kreatif.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

"Maka fasilitasnya penting, infrastruktur disediakan, ruangnya dibuka. Contohnya menarik, ada mobil kuno, diperbaiki, dikerjakan anak Yogya. BPKB-STNK-nya sulit diurus. Akhirnya mobil dibeli orang asing. Ya, kira-kira dia bongkar habisnya Rp700-800 juta, dijual Rp1 milliar, sampai sana dibeli orang kita Rp 15 miliar balik lagi ke sini," kata Ganjar.

Ilustrasi/Aksi damai untuk perbaikan sistem birokrasi di Indonesia

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

"Riil, kreatif, ada, laku tetapi tidak bisa dipayungi. Kalau itu dilegalisasikan, wow gede banget. Ini otomotif, anak-anak yang hobi seni, olahraga yang banyak sekali. Nah, fasilitas inilah yang mesti diberikan termasuk akses permodalan dan pendampingan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya