Repatriasi Tax Amnesty, Bakal Bikin Banyak Bank Naik Kelas

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman D Hadad.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengatakan, pihaknya berniat menaikkan batas minimum modal inti bank bermodal kecil. Khususnya yang masuk dalam Buku I dan Buku II atau bank yang memiliki permodalan tidak sampai Rp5 triliun. 

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Dia menjelaskan, rencana dinaikannya modal minimum bank itu dilakukan, karena ada kemungkinan dana yang masuk dari luar, hasil dari penerapan kebijakan pengampunan pajak, atau tax amnesty, akan deras masuk diarahkan ke bank-bank kecil tersebut. 

"Kita punya keinginan, agar bank dengan modal kecil juga dapat dana hasil tax amnesty dan ini akan dilakukan, setelah DPR mengesahkan Rancangan Undang-undang Tax Amnesty," katanya di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis 28 April 2016

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Arus modal masuk tersebut, menurut dia, dapat menaikan level bank Buku I dan Buku II. Sehingga secara alamiah, kedua kategori permodalan bank tersebut akan terkikis.

"Artinya, (Dana repatriasi) kan bisa masuk ke bank (Buku I dan Buku II) itu, bisa juga masuk ke bank besar. Sehingga, bank itu juga kalau masuk dananya modalnya ditambah," tegas Muliaman.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

Laporan: Yasin Fadillah (asp)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023