Pendidikan Jangan Dimaknai Sebatas Transfer Pengetahuan

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.
Sumber :

VIVA.co.id – Hari ini, 2 Mei 2016, bangsa Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menekankan pentingnya sistem pendidikan yang mencerahkan dan membangun karakter.

Kisah Ki Hadjar Dewantara Bakal Diangkat Jadi Film, Siapa Aktor Utama yang Paling Pas?

Menurutnya, saat ini Indonesia membutuhkan pendidikan nasional yang mencerdaskan, mencerahkan, dan berorientasi pada pembangunan karakter. Kita berharap lahir generasi anak Indonesia yang disiplin, mandiri, mampu kerjasama dan tangguh menghadapi persaingan global.

"Pendidikan jangan sampai dimaknai sebatas transfer pengetahuan. Tapi harus lebih daripada itu. Pendidikan harus dimaknai secara paripurna, menyentuh aspek karakter, literasi, dan kompetensi," ujarnya dalam siaran pers, Senin 2 Mei 2016.

Peringati Hardiknas, Para Pelajar Mengikuti Program 'A Day In My Life Jadi Wali Kota Tangerang'

Saat ini, kata Fadli dunia mengalami perubahan dalam skala eksponensial. Menghadapi ini, Indonesia butuh kualitas SDM yang unggul agar dapat bersaing dengan bangsa lain. Dan SDM yang unggul bisa dilahirkan melalui sistem pendidikan yang unggul pula.

"Selain itu ternyata kita masih dihadapkan pada masalah dasar infrastruktur. Di sejumlah daerah tertentu masih ada sekolah-sekolah rusak, peralatan yang tak layak, buku yang tak lengkap dan persoalan yang seharusnya tak ada lagi. Dengan alokasi dana 20 persen dari APBN, seharusnya pendidikan kita sudah makin maju," ucap Politisi Gerindra ini.

Merayakan Hari Pendidikan Nasional, Peran Penting Pendidikan dalam Pembangunan Bangsa

Pada kesempatan ini, ia juga mengapresiasi kepada seluruh guru di Indonesia, atas jasa dan perannya yang sangat besar bagi pembangunan manusia Indonesia.

"Guru honorer harus diperhatikan nasibnya, harus ada kepastian status dan masa depan guru honorer. Selamat Hari Pendidikan Nasional," katanya.  (webtorial)

Wee See Equal Activity

Ternyata Begini Dukungan Anggun untuk Pendidikan di Level Keluarga

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, isu kemerdekaan belajar menjadi pusat perhatian seiring dengan konsep kesetaraan dalam pendidikan.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024