Hutan Kanada Terbakar, Harga Minyak Dunia Meroket

Ladang minyak di California.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia naik dua persen di awal sesi perdagangan di Asia pekan ini. Minyak ikut 'terbakar' kebakaran hutan yang di kanada yang menyumbat pasokan minyak mentah dari kilang di negara itu. 

Permintaan Melonjak, Harga Minyak Dunia Capai Level Tertinggi

Dilansir dari CNBC, Senin 9 Mei 2016, minyak mentah Amerika Serikat, West Texas Intermedieate (WTI) naik US$1,15 atau 2,6 persen menjadi US$45,81 per barel di pasar New York, pada perdagangan hari Minggu waktu setempat. 

Sementara itu, minyak mentah berjangka Brent naik US$1,02 atau 2,2 persen menjadi US$46,39 per barel. Setelah sebelumnya diperdagangkan seharga US$45,75 per barel. 

Harga Minyak Dunia Tertinggi Sejak 2014

Faktor pendorong kenaikan minyak lainnya adalah dekrit yang dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi pada akhir pekan lalu. Dalam dekrit tersebut, Raja Arab mengantikan menteri perminyakan yang telah lama menjabat yaitu Ali Al-Naimi dengan Khalid Al-Falih, Bos Saudi Aramco, raksasa produsen minyak di negara itu. 

Langkah tersebut dilakukan agar ada penyegaran kebijakan perminyakan di negara produsen minyak terbesar di dunia tersebut. Guna merespons situasi pasar global yang bergelombang saat ini. 

Harga Minyak Dunia Tembus Level Tertinggi Sejak Akhir 2014
Ilustrasi pengeboran minyak (picture-alliance/imageBROKER/D. Radicevic)

Harga Minyak Dunia Meroket, WTI dan Brent Tembus US$90 Per Barel 

Harga minyak dunia naik karena dipengaruhi naiknya permintaan produksi di tengah stok yang terbatas.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022