Enam Peraturan Unik dan Aneh di Berbagai Negara

Ilustrasi saus tomat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Setiap negara memiliki peraturan hukumnya masing-masing. Hal yang diperbolehkan di suatu negara bisa saja dilarang di negara lain. Namun, faktanya ada beberapa peraturan di berbagai negara yang bisa dibilang cukup unik dan bahkan aneh.

Lima Hal Aneh yang Dilarang di Seluruh Dunia

Tengok saja aturan yang melarang penggunaan video games hingga saus tomat. Berikut ini selengkapnya, seperti dilansir dari Boldsky.

Nama bayi, Denmark

Tujuh Negara dengan Larangan Aneh, No 7 Bikin Tepok Jidat

Masyarakat Denmark tidak boleh sembarangan menamai anak mereka. Itu karena pemerintah setempat telah membuat peraturan bahwa masyarakat lokal hanya bisa memilih nama bayi yang telah terdaftar dan disetujui pemerintah Denmark. Hanya terdapat 24 ribu nama dalam daftar tadi. Di luar daftar tersebut, masyarakat harus membuat permintaan khusus ke pemerintah.

Baby walker, Kanada

4 Aturan Tak Masuk Akal yang Dibuat Pemerintah Negara

Studi di Kanada telah membuktikan bahwa menggunakan baby walker akan memperlambat kemampuan motorik bayi. Hal tersebut lantas membuat pemerintah tidak memperbolehkan bayi di sana menggunakan baby walker. Penjualan alat bantu bayi untuk berjalan itu pun juga dilarang di Kanada.

Pakaian berwarna kuning, Malaysia

Tahun 2011 lalu, pemerintah Malaysia melarang masyarakatnya mengenakan pakaian berwarna kuning, karena warna tersebut merupakan warna aktivis oposisi. Anda juga dilarang mengenakan atribut apapun yang memiliki warna kuning.

Saus tomat, Prancis

Pemerintah Prancis telah melarang konsumsi saus tomat di sekolah-sekolah karena menambahkan terlalu banyak saus tomat ke dalam makanan dianggap merusak cita rasa kuliner Prancis tradisional, yang kini tengah mulai kehilangan orisinalitasnya. Saus tomat hanya diperbolehkan di sekolah-sekolah Prancis untuk menyantap kentang goreng.

Kata 'jasmine', China

Kata 'jasmine' pernah digunakan sebagai kode untuk revolusi di Negeri Tirai Bambu. Itulah sebabnya, semua lagu atau pesan singkat yang menyebut kata tadi dilarang.

Video games, Yunani

Langkah drastis ini diambil pemerintah Yunani untuk meregulasi perjudian internet di sana. Namun, peraturan tersebut dinilai kurang jelas, karena pemerintah tidak membedakan antara judi permainan di internet dan video games. Itulah sebabnya, jika Anda ketahuan bermain video game di sebuah kafe maka Anda akan ditangkap polisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya