Sumber Sawitmas Perluas Perkebunan di Kalimantan Tengah

Seorang pekerja sedang mengangkut kelapa sawit.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ade Alfath

VIVA.co.id – PT Sumber Sawitmas Sarana Tbk terus memperluas jaringan usahanya. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah dengan memperluas lahan perkebunan sawit, dengan cara akuisisi beberapa perkebunan lokal. 

Ini Cara Sawit Sumbermas Sarana Lindungi Hewan Endemik

Adapun, saat ini seluruh lahan Sumber Sawitmas Sarana berada di Kalimantan Tengah. "Akuisisi yang dibidik di Kalimantan Tengah, tentu kami melihat juga kualitas perkebunan dan kelengkapan izinnya," ujar Direktur Utama Sumber Sawitmas Sarana, Rimbun Situmorang, di areal perkebunan Sumber Sawitmas Sarana, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu, 11 Mei 2016.

Meskipun belum memastikan luasan lahan yang akan diakuisisi, menurut Rimbun, saat ini sudah ada beberapa perkebunan di Kalimantan Tengah yang menjadi target. 

PT Sawit Sumbermas Sarana Targetkan Tanam Sawit 5.000 Ha

Alasan pemilihan perkebunan lokal, kata dia, karena mempertimbangkan efesiensi dan kemudahan pengawasan. "Selalu kami pehitungkan adalah masalah logistik, lebih efisien, pengawasan akan jauh lebih baik," kata dia.

Sumber Sawitmas Sarana saat ini memiliki luas lahan sekitar 100 ribu hektare, 69 ribu hektare di antaranya merupakan lahan perkebunan yang telah ditanami kelapa sawit, dan seluruhnya terletak di Kalimantan Tengah. 

Pengusaha Keluhkan Belum Disahkannya Aturan RTRW

Pabrik pengolahan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah mampu menghasilkan 2.500 ton CPO tiap harinya.

Tidak hanya menghasilkan minyak sawit mentah, Sumber Sawitmas Sarana juga menargetkan mampu memproduksi barang turunannya, berupa biodisel pada awal semester I tahun 2017.

Petani kelapa sawit.

Sawit Sumbermas Sarana Bagikan Dividen Rp168,27 Miliar

Perseroan optimis perusahaan akan melaju pada jalur positif.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2016