XL Resmikan Frekuensi 1800 MHz 4G LTE di Yogyakarta

XL Resmikan Frekuensi 1800 MHz 4G LTE di Yogyakarta
Sumber :

VIVA.co.id – Wilayah Yogyakarta dan sekitarnya kini bisa menikmati layanan 4G long term evolution (LTE) XL pada frekuensi 1800 Mega Hertz (MHz). Di mana, sebelumnya sejak akhir 2014, Yogyakarta sudah menerima layanan 4G LTE dengan frekuensi mencapai 900 MHz.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Peluncuran dilaksanakan di halaman Candi Prambanan, Yogyakarta, yang langsung diresmikan oleh Chief Executive Officer (CEO) PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini.

Menurut Dian, ekspansi frekuensi 1800 MHz ini dirasa penting, sebab Yogyakarta bukan hanya dianggap sebagai pasar. Tetapi, kota pendidikan itu adalah sebagai tempat di mana XL bisa menunjukkan dirinya, seperti apa seharusnya suatu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi, dan data mampu melayani masyarakat Indonesia.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

"Apalagi, Yogya adalah salah satu basis industri kreatif di Indonesia, sekaligus sebagai Kota Budaya dan Pendidikan. Koneksi internet yang berkualitas adalah kebutuhan yang mendesak untuk mendukung aktivitas masyarakat Yogya," ujar Dian, saat peluncuran pada Rabu malam, 11 Mei 2016.

Dia menyebut, dengan memanfaatkan frekuensi 1800 MHz itu, kecepatan layanan internet bisa ditingkatkan hingga 100 Mbps dan lebih stabil. Selain itu, dari sisi ekosistem, layanan pada frekuensi 1800 MHz, juga akan lebih memudahkan pelanggan dan masyarakat Yogya dalam mendapatkan ponsel 4G di pasar.

XL Axiata Lagi Semringah

Untuk diketahui, Yogyakarta mendapatkan layanan 4G pada frekuensi 900MHz sejak akhir 2014, bersama dengan Medan dan Bogor. Saat itu, pemerintah memang baru memberikan izin penggunaan frekuensi 900 MHz untuk layanan 4G.

Pemerintah telah melakukan penataan ulang frekuensi 1800 MHz, dan memberikan izin penggunaan frekuensi tersebut untuk layanan internet cepat 4G LTE sekitar Oktober 2015.  Saat ini, XL hanya mengembangkan 4G LTE dengan menggunakan frekuensi 1800 MHz,

Saat ini sudah tersedia lebih dari 200 BTS 4G yang tersebar di berbagai area di dalam kota Yogyakarta dan sekitarnya. Infrastruktur tersebut akan menopang layanan untuk sekitar 627 ribu pelanggan data, yang diperkirakan akan terus meningkat secara cepat.

Saat ini, total pelanggan XL di Kota Pelajar ini sekitar 1,9 juta, yang merupakan pelanggan potensial untuk berpindah ke layanan internet cepat 4G.

Dian menambahkan, layanan 4G LTE di Yoyakarta, kini akan meng-cover wilayah yang lebih luas dari sebelumnya. Selain area-area di dalam wilayah Kota Yogyakarta, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan 4G LTE di sekitar wilayah Mlati, Depok, Sewon, Kotagede, Gamping, Kaliurang, Sedayu, dan Pathuk. Di berbagai area tersebut, terdapat antara lain kampus, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, dan lokasi wisata.

Sementara itu, frekuensi 1800 MHz sebelumnya sudah dinikmati pengguna di wilayah Bandung, Surabaya, Jakarta, dan Makassar. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya