Komisi III Minta Tindak Tegas Lion Air

Anggota Komisi III DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi III DPR RI Sufmi Dasco Achmad meminta tindak tegas Lion Air terkait dugaan pelanggaran UU Keimigrasian.

Komisi V Harapkan Venue Cabor Kano jadi Objek Wisata

"Langkah cepat Ditjen Imigrasi mengusut kasus mendaratnya pesawat Lion Air dari Singapura di Terminal Domestik Bandara Soekarno Hatta harus didukung," ujarnya, Senin 16 Mei 2016.

Ia menambahkan, tindakan crew pesawat Lion Air yang masuk wilayah Indonesia tidak melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi patut diduga merupakan tindak pidana yang melanggar Pasal 114 ayat (1) UU Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.

Ketua DPR Ceritakan Pengalaman Pertemuan di Australia

Menurutnya, setidaknya ada tiga  bahaya besar yang bisa timbul akibat tindakan crew Lion Air tersebut.

Pertama adalah tidak terdeteksinya warga negara asing yang masuk ke Indonesia. Kita tidak tahu apakah mereka memenuhi syarat keimigrasian untuk masuk ke wilayah Indonesia atau tidak. Yang paling bahaya bisa kecolongan masuknya teroris warga negara asing yang bisa menggerakkan aksi terorisme di negara Indonesia.

Komisi VIII: Panwaslu & Polisi Harus Lakukan Tindakan Tegas

Kedua, kita juga tidak bisa memastikan warga negara Indonesia yang masuk kembali wilayah Indonesia. Apakah mereka dalam status clear atau mereka adalah buronan yang selama ini lari ke luar negeri seperti para buronan BLBI misalnya.

Ketiga, sulit mendeteksi barang bawaan para penumpang tersebut, apakah memenuhi ketentuan keimigarsian dan bea cukai atau tidak. Sebagaimana diketahui ada batasan jumlah dalam membawa barang seperti uang tunai, obat-obatan , atau rokok. Bisa saja diantara para penumpang tersebut ada yang membawa uang tunai dalam jumlah yang sangat besar tanpa bisa terdeteksi imigrasi dan bea cukai. Uang tersebut tidak akan bisa terlacak oleh PPATK.

"Kami berharap Ditjen Imigrasi bisa bergerak cepat memanggil dan memeriksa pihak-pihak yang diduga bertanggung-jawab secara hukum. Tidak hanya warga negara asing yang sudah lolos yang harus dicari keberadaannya, penumpang yang warga negara Indonesia juga harus didata kembali. Khusus untuk crew Lion Air, seharusnya mereka yang pertama dipanggil dan diperiksa," ujar Politisi Gerindra ini.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya