Ada Kejanggalan dalam Pemeriksaan DNA Saipul Jamil

Saipul Jamil jalani sidang di PN Jakarta Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shalli Syartiqa

VIVA.co.id – Ahli forensik Ferryal Basbeth, yang menjadi saksi kasus pencabulan atas terdakwa Saipul Jamil, menyebutkan ada kejanggalan dalam pemeriksaan DNA pedangdut itu. Kejanggalan itu terkait dengan prosedur pemeriksaan.

Saipul Jamil Dapat Remisi Tiga Bulan

"Ketika DNA dari mulut Saipul diambil itu ada empat suap, tapi kemudian hasil pemeriksaannya cuma satu suap. Tiga suapnya itu ke mana?" kata Ferryal usai bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin, 23 Mei 2016 malam.

Ferryal mengatakan perlu dilakukan penelusuran kembali untuk menemukan beberapa kejanggalan dalam pemeriksaan DNA yang dilakukan terhadap Saipul saat itu.

Harapan Saipul Jamil Setelah Divonis 3 Tahun Penjara

"Missing link-nya itu yang harus dicari. Nah, untuk menghindari kekhawatiran dipeper-peperin, dioleskan atau ada manipulasi, ya diperiksa kembali BAP itu. Dari pengambilan DNA ke lab kemudian hasilnya," ucap Ferryal.

Ferryal mengganggap adanya ketidaksesuaian prosedur yang dijalankan oleh pihak kepolisian saat menjalani pemeriksaan.

Saipul Jamil Pamer Sepatu Mewah di Persidangan

Seharusnya, ia melanjutkan, investigasi DNA dilakukan di tingkat Polres, bukan Polsek seperti dalam kasus ini. Jika dilakukan penyidik Polsek, maka mereka harus memiliki sertifikat.

"Kemudian harus ada visum yang diperiksa dokter, dokter yang mengambil DNA dan menyuruh kepolisian atau memberikan kepada penyidik untuk mengirim ke laboratorium DNA. Dalam hal ini kan (kasus Saipul) penyidik mengambil sendiri, kemudian mengirim sendiri. Dia tidak ada visumnya," lanjut dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya