DPR Gelar Konser Revolusi Pancasila

Peringati Hari Lahirnya Pancasila, DPR Gelar Konser Revolusi Pancasila
Sumber :

VIVA.co.id – Sebagai salah satu upaya memperingati 70 tahun lahirnya Pancasila, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Sekretarian Jenderal menggelar Konser Revolusi Pancasila di Ruang Pustakaloka, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis 26 Mei 2016.

Bacakan Ikrar Setia Pancasila, Puan Ingatkan Rongrongan Terhadap NKRI

Konser ini tidak hanya berisi lagu-lagu yang secara langsung dimainkan oleh Dewa 19, tapi juga diisi pembacaan puisi serta orasi dari Gerakan Selamatkan Indonesia.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/27/5747c3d04136a-peringati-hari-lahirnya-pancasila-dpr-gelar-konser-revolusi-pancasila_663_382.jpg

Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Maltra Ajak ASN Sejahterakan Rakyat

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, mengungkapkan, sebenarnya persiapan kegiatan ini sangat singkat dan diawali inisiatif dari salah satu personel Dewa 19, Ahmad Dhani, dan Ratna Sarumpaet selaku perwakilan dari ormas Gerakan Selamatkan Indonesia untuk bisa menggelar konser di DPR terkait persiapan perayaan 70 tahun Pancasila.

Akhirnya, DPR menyambut baik dan menerima inisiatif tersebut. Fadli menambahkan, konser ini menjadi salah cara untuk bisa mensosialisasikan kembali Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2020

''Saya kira dengan konser bisa lebih mudah dicerna, sekaligus melakukan sosialisasi Pancasila sebagai ideologi bangsa, pandangan hidup dari kehidupan berbangsa dan bernegara,'' ujarnya di Media Center.

Tidak hanya itu, Fadli menambahkan, gelaran konser ini kian melengkapi kegiatan peringatan hari lahir Pancasila, yang setiap tahun jatuh pada 1 Juni. Kegiatan-kegiatan itu sebelumnya antara lain pameran keris, lukisan, dan filateli. Fadli pun berharap, inisiatif konser ini tidak akan menjadi yang pertama dan terakhir.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/27/5747c49354abe-peringati-hari-lahirnya-pancasila-dpr-gelar-konser-revolusi-pancasila_663_382.jpg

''Kami tentu dengan semangat untuk menjadikan DPR sebgai rumah rakyat,'' kata politisi Gerindra itu.

Sementara itu, Ahmad Dhani mengungkapkan, konser ini merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk ikut merayakan kelahiran Pancasila. Tidak hanya itu, Dhani juga menyebut, persetujuan yang diberikan DPR untuk menggelar konser di Pustakaloka kian menandakan meningkatnya apresiasi budaya yang dilakukan DPR.

''Paling tidak, semakin ke depan, banyak peristiwa seni dan budaya yang digelar di gedung DPR,'' katanya.

Konser Revolusi Pancasila ini pun dihadiri oleh Ketua DPR, Ade Komarudin, dan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, dan Fahri Hamzah. Selain itu hadir pula sejumlah tamu undangan, termasuk politisi Partai Gerindra, Hasjim Djojohadikusumo.   (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya