Maluku Tambah 21 Pelabuhan Yang Siap Digunakan

Penandatanganan peresmian 12 pelabuhan di Maluku
Sumber :
  • Kemenhub

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan percepatan dan merampungkan pembangunan 91 pelabuhan di Indonesia dan siap untuk dioperasikan. Puluhan infrasruktur pelabuhan yang dibangun itu tersebar di 17 provinsi.

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

Dari 91 pelabuhan, sebanyak 80 lokasi dibangun di Wilayah Indonesia Timur dan sebanyak 11 pelabuhan dibangun di Wilayah Barat Indonesia.

“Sebagai tindak lanjut rangkaian kegiatan peresmian 91 infrastruktur pelabuhan tersebut, sebanyak 55 pelabuhan telah diresmikan dalam kurun April hingga Juni 2016,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, A. Tonny Budiono dalam keterangan tertulisnya, Senin 30 Mei 2016.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

Selanjutnya, sambung Tonny,  Kemenhub kembali meresmikan 21 pelabuhan di Kepulauan Maluku, yang terdiri dari delapan pelabuhan di Provinsi Maluku, yaitu Pelabuhan Batu Merah, Pelabuhan Upisera, Pelabuhan Lirang, Pelabuhan Seira, Pelabuhan Marsela, Pelabuhan Wolu, Pelabuhan Adault dan Pelabuhan Damar.

Serta 13 pelabuhan di Maluku Utara antara lain Pelabuhan Babang, Pelabuhan Pigaraja, Pelabuhan Saketa, Pelabuhan Pasipalele, Pelabuhan Wayauwa, Pelabuhan Pelita, Pelabuhan Busua, Pelabuhan Gita, Pelabuhan Kedi, Pelabuhan Subaim, Pelabuhan Buli, Pelabuhan Manitingting dan Pelabuhan Falabisahaya.

13 Kapal Nelayan di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar

Tonny mengatakan bahwa pengembangan Infrastruktur pelabuhan khususnya di wilayah Timur Indonesia menunjukkan keseriusan pemerintah untuk memprioritaskan pembangunan di wilayah-wilayah timur yang cenderung masih tertinggal sehingga diharapkan dapat menekan disparitas harga antardaerah di seluruh wilayah Indonesia.

“Dengan tercapainya konektivitas daerah-daerah terpencil, terdalam dan terisolir di wilayah kawasan timur Indonesia maka pertumbuhan ekonomi dapat berkembang serta mampu menjamin tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dan industri yang memacu pemerataan sosial secara menyeluruh,” tutur dia.

Presiden Joko Widodo lepas ekspor mobil Toyota.

Jokowi Pantau Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Hari Ini

Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021. Presiden Jokowi memastikan kegiatan itu berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022