Mau Beli Mobil Baru? Baca Dulu Ini

Ilustrasi membeli mobil.
Sumber :
  • Duitpintar.com

VIVA.co.id – Kendaraan saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi, yang digunakan untuk beberapa keperluan yang berhubungan dengan mobilitas seseorang, misalnya urusan pekerjaan, mengantar anggota keluarga, dan lainnya.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Melihat kebutuhan yang cukup banyak ini, mobil menjadi salah satu pilihan kendaraan yang banyak diminati sebagian besar masyarakat. 

Namun, membeli mobil tidak semudah kelihatannya, biaya perawatan nantinya menjadi salah satu yang juga harus dipikirkan. Apalagi, jika ini adalah pengalaman pertama membeli mobil. Ada baiknya Anda tidak tergesa-gesa dan mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli mobil. Mulai dari spesifikasi mobil, kenyamanan mobil hingga permasalahan dan kerusakan yang sering terjadi serta hal-hal lainnya 

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Melihat jenis kendaraan yang mampu menampung cukup banyak penumpang adalah mobil. Dengan tuntutan kebutuhan ini, keinginan membeli mobil baru merupakan salah satu hal yang cukup menarik dalam kehidupan seseorang. Beberapa hal yang harus diperhatikan dengan memiliki mobil harus dipertimbangkan, misalnya jadwal perawatan, biaya service, biaya bahan bakar, dan banyak lagi lainnya. 

Selain berhubungan dengan informasi utama tentang mobil itu sendiri, ada lima hal yang harus dipertimbangkan oleh seseorang sebelum mulai mencari mobil baru untuk dibeli:

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

1.    Cara pembelian

Pembelian mobil bisa dilakukan dengan cara tunai (kontan), atau dengan cara kredit. Saat membeli secara tunai, seseorang bisa langsung membayar secara keseluruhan nilai mobil yang akan dimilikinya tanpa ada kewajiban untuk memikirkan pembayaran cicilan.

Namun, bila membeli mobil dilakukan dengan cara kredit, maka seseorang tersebut harus berpikir tentang alokasi dana untuk membayar cicilan kredit, yang pastinya nilai besaran yang ditambah dengan suku bunga yang berlaku. Perlu dipertimbangkan, agar keuangan lebih stabil pengeluaran cicilan mobil hendaknya tidak melebihi 20 persen dari total pendapatan.
Baca Juga: Walau Masih Lama, Ayo Rencanakan Keuangan untuk Biaya Syukuran!

2.    Jenis mobil

Faktor penting yang harus diperhatikan adalah informasi lebih dari sebuah mobil yang akan dimiliki nantinya. Seseorang harus bisa menentukan merek dan tipe mobil apa yang akan dibelinya menyesuaikan dengan budget keuangan.

Mobil yang akan dibeli hendaknya disesuaikan dengan tujuan penggunaan dan kebutuhannya. Seseorang harus mengumpulkan sebanyak mungkin informasi, atau review mobil buruannya, baik performa, fasilitas keselamatan, kelebihan, serta kelemahannya. 

3.    Mobil baru atau mobil bekas

Harga mobil baru untuk merek dan tipe yang sama, pasti berbeda cukup signifikan dengan mobil bekas. Perlu juga memperhatikan untuk mempertimbangkan dalam memiliki mobil baru, atau bekas sebagai pilihan pertimbangan, dan pastinya lagi-lagi berhubungan dengan kondisi keuangan.

Jika belum pernah memiliki pengalaman dengan dunia otomotif mobil, mungkin akan lebih baik memiliki mobil baru, karena risiko kerusakan pasti sangat minim. Namun, jika budget tidak mencukupi, tidak ada salahnya membeli mobil bekas, namun harus lebih teliti saat membeli.

Bila kurang pengalaman, bisa meminta bantuan saudara atau kawan untuk memberikan penilaian yang berhubungan dengan performa mesin pada mobil bekas tersebut. Jangan sampai membeli mobil bekas dengan harga yang menguras tabungan, masih harus melakukan banyak servis karena performa mesin yang buruk.

Baca Juga: 22 Cara Fleksibel Hasilkan Uang dari Rumah

Selanjutnya, kredit dengan bunga rendah...

4.    Kredit dengan bunga terendah

Membeli dengan kredit, biasanya memerlukan persyaratan tertentu yang berlaku pada lembaga pemberi kredit keuangan. Bila berencana untuk membeli mobil dengan cara kredit, maka seseorang hendaknya mulai mencari skema kredit dengan bunga yang terendah, bisa dimulai dari bank tempat menabung, kemudian ke multifinance di sekitarnya.

5.    Tawar menawar

Seperti pada jual beli pada umumnya, membeli mobil juga perlu tawar menawar, agar bisa mendapatkan harga yang terbaik. Jika membeli mobil baru pada dealer, masih bisa melakukan tawar menawar dengan sales dealer mobil tersebut. Penting sekali bagi seseorang untuk membekali diri dengan informasi harga pasaran mobil, serta penawaran kredit dari dealer lain, saat melakukan penawaran.

Baca Juga: Ketahui Jenis Barang yang Bisa Digadaikan dan yang Tidak Bisa

Siap membeli mobil idaman

Dengan mempersiapkan diri dalam membeli mobil baru baik dari sisi pengetahuan dan finansial, seseorang akan lebih mudah mendapatkan mobil impian yang diinginkan. Dengan rencana memiliki mobil, seseorang harus bisa konsekuen dengan keputusan yang diambilnya, baik untuk segi perawatan, biaya, pengurusan pajak, dan lainnya.

Memilih mobil baru, atau bekas sebenarnya tidak ada masalah yang cukup signifikan, selama tidak mengganggu stabilitas keuangan. Karena itu, saat memutuskan untuk membeli mobil harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi, kebutuhan, manfaat dan tujuan penggunaannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya