OJK Terima 3.805 Aduan, Mayoritas soal Klaim Asuransi

Gedung Otoritas Jasa Keuangan.
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan telah menerima banyak laporan sengketa sejak 2013. Hingga 27 Mei 2016, tercatat 3.805 aduan masyarakat dari berbagai industri keuangan.

Begini Persiapan Danareksa Pimpin Holding BUMN Jasa Keuangan 

Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK Anto Prabowo mengatakan, pengaduan terbanyak yang masuk terkait dengan klaim asuransi. Disusul penghitungan bunga bank dan penarikan kendaraan oleh perusahaan pembiayaan (multifinance).

Ia kemudian mengimbau supaya tidak terjadi sengketa di industri keuangan, upaya pencegahan (preventif) dapat dimulai dari nasabah atau konsumen, di mana mereka harus paham produk jasa keuangan yang akan dipakai.

Menteri Rini Targetkan Holding BUMN Keuangan Rampung Awal 2019

"Sebelum membeli produk, konsumen harus aktif mempertanyakan terkait produk tersebut hingga benar-benar memahami. Sementara, bagi penyedia jasa keuangan pun diwajibkan untuk memberitahu sejelas-jelasnya kepada konsumen. Jadi saling melengkapi," kata Anto, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 4 Juni 2016.

Ia melanjutkan, bila konsumen merasa dirugikan atau terjadi sengketa, maka pihak yang dirugikan diminta untuk menyampaikan rasa ketidakpuasannya kepada penyedia jasa keuangan terlebih dahulu.

Begini Sikap GP Ansor soal Pembentukan Holding BUMN

"Ini sudah diatur standar pelayanannya. Pihak yang dirugikan (nasabah) harus melapor ke yang merugikan (penyedia jasa keuangan) terlebih dahulu. Kalau belum selesai juga, baru melapor ke OJK," ungkap Anto.

Menteri BUMN, Rini Soemarno

Jadwal Pembentukan Sejumlah Holding BUMN Mundur, Ini Penjelasan Rini

Menteri Rini pastikan rencana tersebut tetap akan terwujud.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2019