Komisi IV: Negara Harus Punya Lembaga Kuat Melawan Kartel

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron mengatakan bahwa negara tercinta ini harus kuat melawan kartel khususnya bidang pangan.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

“Negara harus punya lembaga yang kuat untuk melawan pasar, kartel dan mafia,” kata Herman di Senayan, Rabu 8 Juni 2016.

Tidak hanya itu, ia juga sepakat jika negara menguasai sebagian dari bahan kebutuhan pokok warga negaranya. Sebab, dengan demikian negara akan mampu menjamin ketersediaan bahan pangan bagi rakyat republik ini.

DPR RI Tetapkan Daftar Nama Anggota Komisi dan AKD

“Bahan pangan itu harus dikuasai oleh negara. Karena bahan pangan itu harus tersedia dan terjangkau, itu amanat Undang-undang Pangan tahun 2015,” katanya.

Salah satu bahan pangan yang belum mampu dikuasai negara adalah daging sapi. Menurut Herman saat ini negara tidak memiliki perseidaan daging sapi untuk dikonsumsi warga negaranya.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

“Negara ini tidak punya stok daging, sehingga pemain dapat dengan mudah sekali melakukan spekulasi. Ini yang harus dipahami. Untuk itu Bulog harus diperkuat. Dengan demikian Bulog harus mempunyai persediaan semua bahan kebutuhan pokok,” ujarnya.

Menurut Herman, tidak mungkin harga daging bisa diturunkan kalau hanya reaktif pada lokasi operasi pasar (OP) saja. “Ini tinggal goodwill-nya Presiden saja,” ujarnya.

Terkait simpang siurnya data persediaan bahan kebutuhan pokok, Herman mendesak pemerintah mau memperbaiki sumber informasi yang menyangkut kebutuhan hajat hidup orang banyak itu.

“Harus ada keinginan kuat dari pemerintah untuk merevisi data. Kondisinya ini sangat berat. Kita sering bilang surplus, tetapi impor jalan terus,” katanya.  (Webtorial)  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya