Ayo Mulai Hemat di Bulan Ramadan dengan Cara Ini

Berbuka puasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pada saat bulan Ramadan, biasanya harga berbagai barang kebutuhan pokok melonjak. Akibatnya, pengeluaran menjadi jauh lebih besar dari bulan-bulan biasa.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Belum ditambah dengan adanya ajakan berbuka puasa dari rekan-rekan atau keluarga. Tentunya hal ini akan membuat Anda yang tadinya berpikir bisa menghemat pengeluaran di bulan Ramadan tak kesampaian.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi Anda. Akan tetapi, bukan hal yang mustahil juga untuk mengendalikan pengeluaran selama bulan Ramadan agar keuangan tetap berada dalam kondisi sehat.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Ada beberapa trik dan tips untuk berhemat selama di bulan Ramadan, dan ini ulasannya.

1. Atur belanja untuk satu bulan penuh

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Berbelanja dalam jumlah besar sesungguhnya bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika di bulan biasa Anda selalu berbelanja sekali dalam seminggu, cobalah untuk berbelanja dalam jumlah besar untuk satu bulan.

Penghematan ini sebetulnya akumulasi dari beberapa hal. Pertama, dengan belanja dalam jumlah besar, Anda tidak harus membayar ulang uang parkir dan mengeluarkan biaya bensin lagi.

Kedua, toko sering memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar. Ketiga, tenaga Anda bisa digunakan untuk mengerjakan keperluan lainnya.

Baca Juga: Delapan Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan

2. Jangan datangi semua ajakan berbuka bersama

Pada bulan Ramadan, undangan berbuka bersama akan sangat sering Anda dapatkan. Mulai dari reuni teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, hingga rekan tempat kerja.

Kalau Anda mengiyakan semua tawaran itu, jangan heran jika di tengah bulan keuangan Anda akan habis tak tersisa. Pilah-pilih tawaran yang ingin Anda datangi.

Jangan menjadikan undangan ini sebagai beban bahwa Anda harus turut hadir dan berpartisipasi. Sebab, reuni sebenarnya tak harus dilakukan pada bulan Ramadan saja kan?

3. Buat kue Anda sendiri

Lapar mata kerap menyiksa kaum hawa, terutama ketika sedang berbelanja di swalayan. Apalagi pada saat bulan Ramadan, berbagai susunan kue tiba-tiba menjadi begitu menarik mata.

Kalau memang Anda sangat menginginkan kue sementara pengeluaran yang ada sangat terbatas, siasati dengan cara membuatnya sendiri. Di zaman yang sudah serba online ini, informasi apa pun bisa Anda temukan di internet.

Cobalah mencari resep kue khas Ramadan yang Anda inginkan dan buat sendiri kue tersebut. Hal ini akan memuaskan Anda tanpa membuat pengeluaran membengkak.

Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

4. Jaga pola makan

Kekeliruan yang terjadi pada bulan Ramadan oleh masyarakat kita sekarang ini adalah terlalu mengistimewakan puasa. Artinya, kita kerap kali membuat selesainya puasa sebagai hal yang perlu dirayakan. 

Misalkan dengan berbuka bersama teman di restoran elit yang hanya menyediakan makanan mahal. Meski hanya sekali dalam setahun, bukan berarti puasa harus diistimewakan dengan cara seperti ini.

Anda tetap harus menjaga kualitas dan pola makan pada saat melakukan ibadah di bulan Ramadan.

5. Manfaatkan promo di bulan Ramadan

Bagi Anda pengguna kartu kredit dan debit, momen di bulan Ramadan biasanya adalah yang paling ditunggu. Kenapa? Karena biasanya bank justru akan memberikan promo dan diskon guna merangsang nasabah untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Jangan ragu untuk memanfaatkan layanan ini, bisa jadi Anda akan mendapat cashback yang bisa dimanfaatkan bulan depan atau pada saat ada kebutuhan lain yang sifatnya mendesak.

Baca Juga: Gadai Emas di Pegadaian, Ini Hal yang Harus Diketahui

6. Kontrol belanja pakaian

Salah satu cara untuk merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh melawan lapar, haus, serta hawa nafsu di bulan Ramadan adalah dengan mengenakan baju baru di hari raya. Anda tidak akan sulit menemukan berbagai promo yang diberikan oleh berbagai department store untuk menarik minat konsumen.

Sebenarnya, boleh saja Anda membeli baju baru, asalkan tetap memperhitungkan kemampuan dana yang ada supaya tidak sampai mengganggu keuangan.

Jalani puasa dengan keuangan sehat

Mudah bukan menjaga keuangan tetap sehat di bulan Ramadaan? Akan tetapi semuanya tetap kembali kepada Anda apakah mau mengikutinya atau tidak.

Hal ini dikarenakan kontrol diri setiap orang berbeda-beda, dan itu bisa menjadi pemicu Anda gagal dalam menghemat pengeluaran selama bulan Ramadan. Jadi, tetaplah cerdas dalam berbelanja serta memilah tawaran buka bersama.

Baca Juga: Sembilan Cara Menghindari Penipuan Toko Online
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya