Harga Tas Chanel Ini Naik 72 Persen dalam Enam Tahun

Tas Chanel Medium Classic Flap
Sumber :
  • chanel.com

VIVA.co.id – Tas mewah saat ini tidak hanya sebagai penunjang penampilan, tapi juga dapat menaikkan status dan sebagai barang investasi. Sebab, nilai tas mewah bisa lebih tinggi dibanding investasi lainnya dari tahun ke tahun.

Ramalan Zodiak Tentang Jatuh Cinta sampai Mitos dari Sunda

Salah satunya adalah tas Chanel. Saat dirilis pada bulan Februari tahun 1955, tas Chanel paling tua dengan gaya permanen, Medium Classic Flap, harganya hanya dibanderol US$220. Jika dikonversi ke rupiah dengan kurs saat ini sekitar Rp2,9 juta. Namun tas yang juga dikenal dengan sebutan 2,55 Bag itu, harganya membengkak menjadi Rp15,3 juta pada tahun 90-an.

Dan harga tas itu hingga Mei tahun ini telah melonjak sangat tinggi dan sangat fantastis, yakni mencapai Rp65,2 juta. Kenyataannya, harga tas Chanel jenis Medium Classic Flap itu melonjak 72 persen hanya dalam waktu enam tahun. Pada tahun 2010, harga tas ini Rp38 juta.

Teka-teki Tas Cewek di Kamar Andi Arief saat Penggerebekan

Dalam periode 1955 hingga saat ini, harga tas tersebut tidak pernah menyusut. Pada tahun 2005, harganya Rp22 juta dan pada tahun 2010 menjadi Rp38 juta. Kemudian harganya naik lagi menjadi Rp58,5 juta pada tahun 2012.

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Baghunter, para ahli menganalisis sejarah harga dan potensi investasi dari tas tersebut. Mereka menemukan antara tahun 2010-2015, nilai retail tas asal Prancis itu melampaui kenaikan inflasi di Amerika Serikat (AS) hingga lebih dari delapan kali lipat.

Harga Tas Iriana Joko Widodo dan Kahiyang saat ke Ragunan

Sementara harga rumah naik 8,1 persen dan indeks S & P 500 naik sebesar 13,2 persen selama periode yang sama. Kenaikan itu tidak secepat kenaikan nilai tas Chanel Medium Classic Flap.

CEO Baghunter, Evelyn Fox mengatakan bahwa kenaikan nilai tas ini seiring dengan peningkatan pasar barang mewah di seluruh dunia. "Kami merasa bahwa pasar ini telah memainkan peran penting untuk membuat tas tersebut tersedia bagi wanita, dengan minat lebih banyak dari sebelumnya. Ini memberikan kontribusi bagi Chanel meningkatkan nilai tas mereka dengan sangat pesat dalam waktu singkat," katanya, seperti dilansir dari Fashionista.

Kenaikan harga juga telah diperkirakan akan segera terjadi lagi tahun ini. Bahkan untuk model tas yang lebih baru seperti Boy Bag. Tas ini diluncurkan pada tahun 2012, dan siap menjadi model klasik terbaru di dunia tas mewah.

Pada empat tahun lalu, model tas tersebut dihargai Rp42,6 juta. Sementara pada tahun lalu, harganya sudah meningkat 31 persen menjadi Rp56 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya