Uniknya Alunan Musik Perkusi dari Tanah Meksiko

Tambuco Percussion Ensemble
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Indonesia kedatangan tamu istimewa dari Meksiko pada Jumat malam, 17 Juni 2016. Sebuah grup ansambel perkusi bernama Tambuco Percussion Ensemble. Grup ini digawangi oleh Ricardo Gallardo, Alfredo Bringas, Raúl Tudón, Miguel González. Tambuco sempat masuk ke dalam nominasi Grammy Awards sebanyak empat kali.

Melongok Tampilan Musik Perkusi ala Anak Sekolah

Keempat musisi ini menunjukkan kelihaiannya dalam bermain perkusi di hadapan para tamu undangan di auditorium Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis, Jakarta Selatan. Pertunjukkan yang belangsung dari pukul 19.30 WIB berhasil membuat para pangunjung tercengang sekaligus kagum terhadap apa yang mereka saksikan.

Ricardo Gallardo sebagai perwakilan dari Tambuco mengaku bahwa ia dan kawan-kawannya sangat senang dapat kembali menghibur para penonton di Indonesia untuk kedua kalinya.

Rudal Milisi Bayaran Iran Gempur Kota Terbesar Ketiga Israel

"Kami sangat senang karena kami merasa berada di rumah sendiri," ujar Gallardo di sela-sela pertunjukkan.

Pertunjukkan musik ansambel ini terbilang unik, mulai dari tema dan alat yang digunakan untuk menciptakan alunan nada yang enak didengar. Beberapa instrumen unik yang digunakan oleh keempat musisi ini adalah batu, meja, kertas bahkan anggota tubuh seperti tangan, kaki,dan wajah.

Tampil 'Pamungkas' di Saranghaeyo Indonesia, Day6 Enggak Ada Obat!

"Yang harus dilakukan perkusionis adalah ia harus siap untuk memainkan apapun alat perkusi. Dalam hidup kita selalu belajar hal baru dan alat baru," ujar Gallardo lagi.

Grup yang dibentuk pada tahun 1993 ini juga pernah berkolaborasi dengan komposer kenamaan Amerika, Thomas Newman dalam pengerjaan lagu ‘Día de los Muertos’ atau ‘Day of the Dead’. Lagu ini dijadikan lagu pembuka dalam film James Bond berjudul Spectre.

Ilustrasi Alat Musik Perkusi

Alat Musik Perkusi Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya

Alat musik perkusi atau instrumen musik perkusi adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki anggota paling banyak

img_title
VIVA.co.id
13 September 2021