5 Kesalahan Saat Lebaran yang Bikin Rencana Finansial Gagal

Ilustrasi Idul Fitri
Sumber :
  • Idul Fitri

VIVA.co.id – Lebaran adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim, setelah sebulan berpuasa. Sebab, di momen kemenangan ini orang saling berbagi kebahagiaan.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Namun, momen Lebaran yang seharusnya menyenangkan bisa berubah menjadi bencana finansial. Alasannya, karena orang terlena dengan kebahagiaan dan tidak waspada dengan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Berikut ini lima kesalahan, saat Lebaran yang bisa bikin rencana finansial dalam setahun hancur berantakan:

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Jatuh sakit

Karena tidak menjaga kesehatan selama Lebaran, terutama tidak menjaga makanan dan minuman yang disantap, Anda bisa saja jatuh sakit setelah Lebaran. Kondisi ini, tentu membuat pengeluaran menjadi bertambah karena biaya pengobatan tidak murah.

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

Terlebih, jika sampai harus masuk rumah sakit dan dirawat. Untuk itu, jangan biarkan rasa bahagia menguasai Anda, sehingga tidak mengontrol diri dalam hal konsumsi.

Baca juga: Cukup Lakukan Hal Ini, Ongkos Naik Pesawat Bisa Makin Irit

Boros belanja

Belanja memang kegiatan yang tidak terhindarkan saat Lebaran. Bahkan, sudah dilakukan satu, atau dua pekan sebelum Lebaran. Namun, bila konsumsi yang dilakukan sudah berlebihan, bisa berdampak buruk bagi keuangan Anda.

Apalagi, jika selama Lebaran Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit. Tanpa sadar, tagihan yang diterima bulan berikutnya akan membuat keuangan Anda tergoncang. Untuk mencegahnya, coba buat perencanaan anggaran untuk Lebaran.

Tidak beli tiket jauh hari

Tiket pesawat dan tiket kereta biasanya mengalami lonjakan harga menjelang Lebaran. Harga tiket, bahkan bisa dua kali lipat dari harga normal. Untuk menyiasati agar tidak bangkrut, karena harus membeli tiket yang harganya selangit, coba hindari beli tiket mendadak.

Berikutnya, kebanyakan bukber...

Kebanyakan bukber

Kegiatan buka bersama (bukber) sudah menjadi budaya dalam menjalani Ramadan di Indonesia. Bukber ini, bukan hanya sekadar makan-makan bersama lalu pulang, melainkan sebagai ajang menyambung tali silaturahmi.

Acara bukber juga sering dijadikan ajang untuk reuni, menggalang amal/santunan, bahkan mencari jodoh. Sayangnya, banyaknya undangan bukber ini tak jarang membuat kantongmu jebol.

Sebab, bukber tidak gratis, tetapi harus ada sumbang, serta dana dari orang yang mengikutinya. Untuk menyiasatinya, tidak semua ajakan bukber harus Anda ikuti. Sebelum mengiyakan, perhatikan dulu kesiapan anggaran dan urgensi mendatangi undangan bukber.

Baca juga: Naksir Sama Bos? Begini Caranya Agar Tetap Profesional di Tempat Kerja

Berlebihan saat berbuka

Karena seharian berpuasa, saat berbuka Anda jadi lebih bernafsu atau lapar mata. Tanpa pertimbangan akan kebutuhan, semua makanan dan minuman yang diinginkan dibeli, meskipun pada akhirnya tidak termakan habis.

Tak ayal, pengeluaran untuk makan saat puasa malah makin boros. Hal ini, juga jadi penyebab rusaknya rencana finansial Anda.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya