Menjaga Bibir Sehat saat Berpuasa

Ilustrasi bibir kering.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi saat berpuasa. Selain terasa perih, bibir kering dan pecah-pecah juga dapat merusak penampilan.

Trik Jitu Hindari Masalah Kulit di Negara Beriklim Tropis

Untuk melembabkan bibir kering dan pecah-pecah, biasanya banyak orang yang menjilatnya. Padahal, cara itu tidak cukup membantu. Untuk menjaga bibir tetap sehat dan lembap saat menjalankan puasa, tips berikut ini dapat membantu Anda.

Kebiasaan menjilati bibir selama berpuasa memang harus ditinggalkan, itulah yang diungkapkan dr. Nur Dalilah spKK dalam keterangan tertulisnya pada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Cara Bikin Scrub Alami yang Ampuh Cegah Bibir Kering

Menurut Dalilah, bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang kesehatannya sering diabaikan. Hal tersebut sering membuat bibir mengalami masalah seperti pecah-pecah atau berdarah. Untuk mengatasinya, aktivitas menjilat bibir kering dapat diganti dengan mengoleskan lip balm.

"Ganti kebiasaan menjilat bibir dengan mengoleskan lip balm atau pelembap untuk bibir agar terhindar dari masalah-masalah tersebut," ujarnya.

Saat ke Pantai, Berapa Kali Harus Pakai Tabir Surya?

Pelembab bibir ini dapat melembapkan sekaligus dapat mengurangi potensi luka yang ditimbulkan akibat bibir pecah-pecah.

Selain mengoleskan lip balm, menjaga kesehatan bibir juga bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi berupa suplemen, vitamin. Dan yang tidak kalah penting adalah konsumsi air mineral juga harus tercukupi saat sahur dan berbuka puasa.

"Demi memenuhi angka kebutuhan gizi harian, sebaiknya konsumsi vitamin yang cukup. Air mineral juga harus delapan gelas perhari. Bahkan tambahan suplemen tertentu juga dianjurkan oleh beberapa pakar," ujar dokter yang bekerja di Ultimo Aesthetic and Dental itu.

Dengan menjaga asupan nutrisi dan konsumsi air untuk mencegah dehidrasi, bibir Anda akan tetap lembap dan terjaga kesehatannya. (ase)

Laporan Diza Liane Sahputri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya