Khasiat Menakjubkan Air Mawar untuk Kecantikan

Ilustrasi masker dari bahan alami
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Meski mudah didapat dan murah, tapi khasiat dari air mawar tidak boleh diremehkan. Air mawar selain digunakan dalam aromaterapi dan perawatan spa, juga dapat menstimulasi indera serta menenangkan pikiran.

Lidah Buaya Hingga Air Mawar, Tips Bikin Kulit Lembab Alami

Manfaat air mawar kali pertama ditemukan oleh bangsa Mesir dan minyak esensial mawar diketahui memiliki efek afrodisiak atau meningkatkan libido dan pernah digunakan Cleopatra untuk merayu kekasihnya, Anthony. Cleopatra biasanya suka berendam dalam susu dan taburan kelopak mawar untuk membuat kulitnya bersinar.

Di India, air mawar biasa digunakan dalam acara-acara pertanda baik sebagai bahan pembersih dan aroma yang menenangkan. Air mawar juga digunakan pada masakan dan dioleskan pada penggorengan atau daun sirih, karena berguna sebagai agen pencernaan yang baik.

Wajah Cerah Bebas Jerawat dengan Air Mawar

Menambahkan sedikit air mawar ke dalam minuman juga bermanfaat untuk menenangkan lambung yang terganggu. Di samping itu, juga bisa digunakan untuk membuat air minum yang menyegarkan.

Seperti dilansir dari laman Boldsky, air mawar juga merupakan bahan antiperadangan alami dan dapat diaplikasikan sebagai perawatan untuk kulit yang terbakar atau alergi. Beberapa tetes air mawar yang ditambahkan ke dalam air untuk mandi bisa memberikan efek aromaterapi dan membuat aroma tubuh Anda segar.

5 Manfaat Luar Biasa Air Mawar untuk Kecantikan Kulit

Air mawar juga bisa dicampurkan dengan masker untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat. Selain itu, air mawar pun bisa menjadi toner alami. Namun sebelum digunakan, dinginkan dahulu agar kulit terasa lebih segar.

Jika Anda punya kulit berminyak dan rentan berjerawat, Anda bisa mencampur air mawar dengan tanah liat dan beberapa tetes air lemon. Gunakan campuran tersebut sebagai masker secara rutin. Campuran ini bisa membersihkan pori-pori Anda hingga ke dalam.

Sementara bagi Anda yang memiliki kulit kering, campurkan air mawar, susu, dan madu dengan oatmeal dan aduk hingga menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah Anda dan bilas jika sudah mengering. Ramuan ini tidak hanya bisa melembapkan, tapi memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya