Pemerintah Antisipasi Dampak Brexit bagi Ekonomi

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan menganggap Brexit atau keluarnya negara Inggris dari keanggotaan Uni Eropa tidak akan terlalu memberi dampak bagi Indonesia.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

"Mungkin secara langsung, dampaknya bagi Indonesia tidak terlalu banyak," ujar Luhut usai acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Jalan Cengkeh, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu, 26 Juni 2016.

Namun Luhut mengatakan, pihaknya akan terus mengantisipasi, terutama di bidang ekonomi mengingat, baik Inggris maupun Uni Eropa merupala mitra dagang Indonesia.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Luhut mengatakan, keluarnya Inggris dari Uni Eropa pada Jum'at, 24 Juni 2016 akan menjadi salah satu bahasan pemerintah pekan ini. Pihaknya pun telah menyiapkan analisis kemungkinan dampak dari Brexit dari segi ekonomi, politik, dan keamanan. 

Analisis-analisis itu akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kami sudah menyiapkan beberapa pikiran mengenai dampak dari Brexit," ujar Luhut.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Sebelumnya, pada Jumat 24 Juni 2016 hasil jajak pendapat warga Inggris menunjukkan bahwa kelompok pro-Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa) berhasil menang dengan perolehan suara 58 persen.

Akibat dampak tersebut, seluruh dunia pada hari tersebut mengalami syok atas keputusan warga Inggris dan mengakibatkan pada hancurnya pasar keuangan dan melemahnya nilai tukar mata uang dunia.
 

Anthony Sinisuka Ginting melawan Viktor Axelsen di Thomas Cup

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Thomas Cup dan Uber Cup merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi di dunia dengan menggunakan sistem beregu putra dan putri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024