Lebaran, Penyaluran Pertamax dan Pertalite Naik 2 Kali Lipat

Truk SPBU kantong yang disiapkan PT Pertamina
Sumber :

VIVA.co.id – PT Pertamina menyatakan, minat pemudik tahun ini terhadap produk Pertamax dan Pertalite meningkat tajam. Sejak penyaluran pada 2 Juli lalu, atau H-4 Lebaran, penyaluran kedua jenis bensin tersebut mencapai sekitar 30.800 kiloliter (KL).

Pertamina Jamin Stok BBM saat Lebaran 2024 Cukup, Tak Perlu Panic Buying

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, realisasi penyaluran Pertamax dan Pertalite tersebut telah melampaui angka ekspektasi tertinggi Pertamina tahun ini.

Pada periode tersebut, konsumsi Pertalite mencapai sekitar 14.900, atau 208 persen dari rata-rata penyaluran harian normal sekitar 7.150 KL. Rata-rata konsumsi Pertalite sejak awal tugas satuan tugas (satgas) 21 Juli 2016, adalah sekitar 11.130 KL per hari atau 156 persen dari rata-rata penyaluran harian normal.

Pertamina: Stok BBM Aman, Arus Mudik Tertangani Dengan Baik

Adapun, penyaluran Pertamax mencapai sekitar 15.900 KL, atau 157 persen dari rata-rata penyaluran harian normal. Rata-rata penyaluran Pertamax sejak awal masa satgas adalah 12.530 KL atau 124 persen  dari rata-rata harian normal.

Menurut Wianda, hal ini menunjukkan tanda positif di mana masyarakat semakin tinggi kesadarannya untuk menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan sesuai spesifikasi kendaraannya.

Kata Komisi Energi DPR Usai Pertamina Sukses Jaga Stok BBM

”Ini juga menunjukkan pelayanan Pertamina di masa mudik dan balik Lebaran 2016 ini, dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dengan harga yang lebih terjangkau dan akses terhadap produk yang semakin mudah dengan banyaknya outlet pertalite dan pertamax, termasuk di jalur-jalur mudik dan wisata, merupakan alasan utama pemudik memilih pertalite maupun pertamax,” kata Wianda di Jakarta, Senin, 4 Juli 2016.

Wianda mengungkapkan, tren peningkatan konsumsi pertalite dan pertamax merata terjadi di beberapa daerah. Wianda mencontohkan di Jawa Tengah, realisasi penyaluran pertalite mencapai 248 persen dari rata-rata penyaluran harian normal menjadi 1.784 KL. Adapun pertamax, naik menjadi 198 persen dari rata-rata penyaluran harian normal menjadi 3.609 KL.

Sementara itu, penyaluran premium pada hari yang sama mencapai 67.475 KL atau hanya 93 persen dari rata-rata penyaluran harian normal. Sedangkan dengan rata-rata penyaluran premium mencapai sekitar 60.300 KL per hari dalam sebelas hari pertama masa Satgas, atau 83 persen dari rata-rata penyaluran harian normal.

Solar bersubsidi juga mengalami tren lebih rendah dari rata-rata penyaluran harian normal 2016, di mana rata-rata realisasi penyaluran hingga masa satgas ke-11 mencapai sekitar 33.500 KL per hari, atau 95 persen dari penyaluran normalnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya