Menu Makanan Ternyata Mampu Sukseskan Kencan Pertama

Semua pasangan pasti mendambakan kebahagiaan dan keseriusan dalam suatu hubungan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kencan pertama selalu menimbulkan sensasi berbeda pada setiap orang. Mulai dari timbulnya perasaan gugup, hingga kurangnya rasa percaya diri. Tak heran, banyak buku, artikel dan tulisan yang memuat tentang bagaimana cara menjalani kencan pertama agar sukses. Padahal, rahasia sukses menjalani kencan pertama tidaklah sulit. Kuncinya adalah makanan.

Seks Menjaga Otak Tetap Sehat di Usia Tua

Sebuah studi merilis bahwa memesan makan yang sama pada kencan pertama, dapat menjadi cara jitu untuk membangun rasa percaya terhadap pasangan.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, studi yang dilakukan University of Chicago ini merilis eksperimen untuk memahami apakah memilih jenis makan yang sama dapat menimbulkan kedekatan dan kepercayaan antara dua orang, baik itu teman dekat atau pasangan.

Ketahui Manfaat Kopi untuk Kesehatan Otak

Berdasarkan penelitian tersebut, responden yang dipasangkan dengan orang yang belum pernah dikenal sebelumnya untuk melakukan sebuah permainan yang mengandalkan kepercayaan.

Para responden tersebut, diberikan sejumlah uang untuk berbagi dengan orang asing yang dipasangkannya untuk membuat investasi agar berlipat ganda. Selain itu, pasangan tersebut akan diberikan kebebasan untuk menentukan seberapa banyak uang yang akan diberikan kepada pasangannya.

Baik untuk Penyandang Diabetes, Ini 5 Manfaat Konsumsi Kunyit

Sebelum permainan dimulai, para responden akan diberikan permen dengan jenis yang sama. sementara itu, sebagian diberikan permen dengan jenis yang  berbeda.

Hasilnya, pasangan yang mengonsumsi permen berjenis sama ternyata cenderung memberikan uang dengan jumlah lebih besar kepada pasangan mereka. Itu artinya kepercayaan yang diberikan juga lebih besar.

Pada penelitian kedua, kedua pasangan tersebut diberikan tugas yang sama dengan ide yang berbeda. Hasilnya ternyata sama, bahwa pasangan yang mengonsumsi makanan dengan jenis sama cenderung memiliki ketertarikan lebih dalam dan pengambilan keputusan yang dua kali lebih cepat dibandingkan dengan pasangan yang tidak mengonsumsi makanan berjenis sama.

Profesor sekolah bisnis di Universitas Chicago Ayelet Fishbach, menyebutkan bahwa orang-orang biasanya cenderung berpikir logis untuk mengambil keputusan, padahal hal simpel seperti pemilihan makanan juga dapat memengaruhi pemikiran seseorang. Pada tingkat yang sangat dasar, makanan dapat digunakan sebagai strategi untuk membantu orang bekerjasama dan membangun kepercayaan.

"Dalam sebuah grup besar, contohnya pada saat meeting, biasanya orang memilihkan jenis makanan yang sama untuk suguhan, ternyata hal itu juga dapat berpengaruh membangun kepercayaan dan kerja sama yang baik dalam tim," ujarnya.

Memesan makan siang bersama rekan kerja atau makan malam bersama teman kencan adalah awal yang baik dalam memulai hubungan.

"Makanan memiliki dampak lebih kuat karena sesuatu yang kita konsumsi membutuhkan kepercayaan besar untuk memasukkannya ke dalam tubuh kita," ujar Fishbach.

Ia berharap penelitian ini dapat digunakan untuk menghubungkan orang atau mampu meredam konflik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya