5 Pengalaman Pendakian Terbaik di Bali

Pebalap melintasi Gunung Batur, Kintamani, Bali
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Melakukan perjalanan mendaki menyusuri keindahan alam nan eksotis, tentu akan menjadi pengalaman travel yang tak terlupakan. Mulai dari mendaki gunung berapi, hutan hujan yang lebat, dan sungai berkelok-kelok.

Suka Adrenalin? Coba ke Pantai Waterblow di Nusa Dua Bali

Bali dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia dengan banyak tempat mendaki yang eksotis dan menakjubkan. Tak hanya itu, budayanya yang unik dan suasana spiritual Bali menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bahkan sebuah situs asing Toggle, merangkum, lima tempat pendakian terbaik di Bali.

Sunrise di puncak Gunung Batur

Promosi Budaya Bali dan Musik Indonesia Lewat Festival Nusa Dua

Puncak gunung ini dinobatkan sebagai tempat pendakian terbaik yang menduduki peringkat paling atas. Keindahan sunrise di Gunung Batur sangat diburu oleh mereka yang mengunjungi tempat ini. Sebuah gunung berapi aktif, Gunung Batur dianggap sebagai tempat suci untuk orang Bali. Jika ingin menyaksikan indahnya sunrise di Gunung Batur, disarankan, untuk berangkat pukul tiga pagi. Saat-saat itulah, Anda akan menyaksikan transisi matahari terbit dari puncak gunung, dan akan terlihat pula pemandangan danau kaldera dan Gunung Rinjani di kejauhan. Setelah lelah mendaki menyaksikan indahnya matahari terbit, saat turun ke bawah, Anda bisa mengendurkan otot-otot kaki dengan berendam di air panas alam dan menikmati makan siang yang menyenangkan.

Mendaki Air Terjun di Sambangan

Liburan Anti Mainstream di Bali, ke Desa Kutuh Aja

Pendakian terbaik berikutnya adalah mendaki air terjun di Sambangan, terletak di Bali Utara. Tempat ini, penuh dengan pemandangan indah air terjun mengejutkan dan tempat yang unik di mana budaya, spiritual, dan alam yang indah bergabung jadi satu. Di samping kunjungan ke empat air terjun menyegarkan, petualangan Anda juga bisa dilanjutkan dengan melalui jalan berliku-liku yang dikelilingi sawah dan aneka tanaman pertanian seperti kopi, kakao, gula aren, nangka, dan pisang.

Jika ingin beristirahat sejenak, Anda bisa bersantaidi sebuah tempat rahasia, berupa kolam renang alami. Di sekelilingnya, banyak tanaman buah tropis yang segar.

Puncak Kintamani

Ini jadi tempat pendakian terbaik ke tiga untuk Anda yang senang berpetualang di Bali. Untuk menyusuri tempat ini, mungkin butuh waktu satu hari. Dimulai dengan menyaksikan matahari terbit di puncak Kintamani. Saat berada di punck ini, Anda juga bisa melihat indahnya cakrawala bergerak bagaikan bulu-bulu putih. Berikutnya,  Anda bisa menikmati jalan santai melalui sawah dari Singaraja, dan jika Anda punya tenaga lebih, dipersilakan untuk membantu petani lokal membajak sawah dengan kerbau! Puncak tur ini adalah menemukan permata tersembunyi dari air terjun Sekumpul. Bukan hanya satu air terjun tapi tujuh. Semua mengalir dari atas hutan yang penuh jurang.

Mendaki Gunung Agung

Menyusuri gunung ini jadi pendakian keempat terbaik di Bali. Gunung Agung, titik tertinggi di pulau ini. Diyakini oleh orang Bali menjadi replika Gunung Meru, poros tengah alam semesta. Ini adalah rumah bagi Pura Besakih, pura yang paling penting di Bali. Mendaki Gunung Agung juga jadi petualangan menantang tetapi butuh 12 jam perjalanan yang dimulai di Pura Besakih. Oleh karena itu Anda dapat mempersingkat durasi dengan berangkat dari Candi Pasar Agung.

Sangeh Monkey Forest

Ini jadi tempat pendakian terbaik kelima di Bali. Saat menyusuri tempat ini, Anda juga bisa menemukan gua alam. Petualangan bisa dimulai  dari Sangeh Monkey Forest. Di hutan ini merupakan tempat tinggal banyak monyet. Selanjutnya Anda akan melalui sawah dan menyaksikan kehidupan tradisional Bali. Setelah menjelajahi gua alam tua dan hiking bersama, Anda pun bisa menemukan Lembah Sungai Penet yang indah. Tempat ini begitu sejuk.Saat berada di sini, Anda bisa mendatangi sebuah desa tradisional Bali untuk belajar bagaimana merajut tikar pandan, keahlian khusus ini pun bisa dibawa pulang.

Meskipun Bali adalah pulau tropis dengan ekosistem yang sama dengan banyak tempat di bumi, namun, budaya dan sejarah di Bali sangat unik dan beda. Melakukan penjelajahan dan pendakian di Bali, bisa jadi pengalaman tak terlupakan. Jadi siapkan kamera dan sepatu, buka hati dan indera Anda, dan persiapkan diri untuk melakukan  perjalanan ke lima tempat petualangan pendakian terbaik di Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya