Risiko Kanker Payudara Bisa Diturunkan dari Pria

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Banyak yang berspekulasi riwayat penyakit kanker payudara dan ovarium hanya bisa diturunkan dari garis keturunan ibu. Tapi, faktanya, penyakit tersebut bisa diturunkan dari seorang ayah.
 
Seperti dilansir Mirror, Senin 18 Juli 2016, profesor genetika kedokteran dan kanker epidemiologi University of Manchester, Inggris, Gareth Evans menjelaskan, gen yang menjadi penyebab timbulnya kanker payudara dan ovarium bahkan kanker prostat yaitu BRCA1 dan BRCA2.
 
Nah, jika salah satu dari gen ini rusak pada pria, bisa menyebabkan kanker payudara pada keturunannya, dengan perbandingan satu dari sepuluh risiko. Peneliti itu mengatakan risiko kanker prostat bahkan kemungkinannya 25 persen.
 
“Sangat penting untuk menunjukkan, bahwa setengah dari perempuan yang menderita kanker payudara genetik akan mewarisinya dari ayah mereka,” jelas Evans.
 
Jadi, yang perlu diketahui, kata Evans, seorang wanita mesti segera berkonsultasi kepada dokter, jika ada riwayat kanker payudara dan ovarium pada kedua belah pihak keluarga mereka. Dia juga menyarankan agar kaum hawa juga memeriksakan ke dokter jika diketahui ada riwayat kanker prostat dari kerabat laki-laki.
 
Evans punya alasan mengingatkan hal tersebut. Sebab, jika dikaitkan dengan gen, kerusakan gen BRCA1 dan BRCA2 bisa menyebabkan kanker payudara, ovarium dan prostat dan turun ke generasi berikutnya.
 
Meskipun seorang pria atau ayah terlihat sehat, kerusakan gen pada pria itu bisa membuat ia bertahan dari penyakit, tapi tidak bagi keturunannya.

Terapi Pengobatan Efektif untuk Kanker Payudara

(ren)

Nunung Srimulat

Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

Kondisi Nunung Srimulat kini semakin sehat. Meski proses pengobatan selesai, Nunung tetap wajib melakukan kontrol ke dokter. Seperti apa kisahnya?

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024