Gugun Blues Shelter Sukses Hentak Belanda

Gugun Blues Shelter konser di Belanda beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • KBRI Den Haag

VIVA.co.id – Gugun Blues Shelter (GBS) berhasil memukau para penontonnya di Belanda sepanjang pekan ini. Tampil di beberapa kota di Negeri Kincir Angin, grup rock and blues itu unjuk kebolehan dengan beberapa hit andalan mereka. 

Kisah Siti Nurbaya Kembali Diangkat Jadi Lagu

Pada setiap penampilan, band ini memainkan sedikitnya 20 lagu kreasi sendiri yang diambil dari sejumlah album. GBS menciptakan aura musik blues yang khas, hasil perpaduan vokal dengan skill mumpuni bermusik trio grup itu, yang beranggotakan Mohammad Gunawan “Gugun” (vokal/gitaris), “Fajar” Adi Nugroho (bass) dan Aditya Wibowo “Bowie” (drum), demikian ungkap Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag hari ini.

Tidak heran, dalam berbagai penampilannya, GBS mendapatkan sambutan yang hangat dari  penggemar dan pecinta musik blues di Belanda. Tepuk tangan apresiasi dan tepuk tangan penonton juga membahana setiap kali grup band ini menyanyikan lagu-lagu mereka.

Drummer Gugun Blues Shelter, Patah Lengan saat Aksi Tabuh Drum

Seperti pada saat penampilan mereka di Blues Café, Kota Apeldoorn. Sekitar seratus pengunjung café tersebut memberikan apresiasi tinggi atas penampilan GBS.

“Baru kali ini ada grup musik blues Indonesia tampil di Apeldoorn”, kata William Linder, seorang warga Apeldoorn. “Mereka (GBS) tampil hebat, skill yang tinggi, dan energi musik yang hangat”, lanjutnya. William Linder melanjutkan, “saya malam ini juga menyiapkan lumpia Indonesia untuk seluruh pengunjung, (sebagai) bukti saya cinta Indonesia”, kata warga Belanda yang lahir di Surabaya ini.

GHO$$ Lakukan 'Pemanasan' Sebelum Meluncurkan Album

Seorang fotografer professional dari Apeldoorn, Peter Vroon, menyampaikan hal senada. “Musik adalah sarana yang sangat tepat untuk saling memahami dan memperkuat komunikasi antar bangsa, Indoneisa – Belanda, dan malam ini mereka (GSB) telah mewujudkannya”, paparnya. “Saya puas dengan penampilan mereka”, kata dia.

Pengunjung lainnya memiliki keinginan untuk mengetahui musik blues Indonesia. Hal ini terlihat dari seorang warga negara, Allan, yang merelakan waktunya untuk menempuh perjalanan Perancis – Belanda untuk secara khusus datang menghadiri pertunjukan GBS di Apeldoorn. “Saya tahu grup ini, dan sangat ingin mendengarkan musiknya secara langsung. Malam ini, mereka tampil sangat baik”, katanya.

Pertunjukan GBS ini sebagai bagian dari promosi musik Indonesia di Belanda, KBRI Den Haag bekerjasama dengan beberapa pihak, telah memfasilitasi penampilan (tour) band Indonesia Gugun Blues Shelter (GBS) di Belanda pada 16-26 Juli 2016. Band GBS ini telah menggelar pertunjukan di beberapa kota di Belanda, antara lain: JJ Music House-Zoetermeer (16/07),  Blierock Festival-Venlo (17/07), Miles Café-Amersfoorth (19/07), Blues Café-Apeldoorn (21/07) dan Zwarte Cross Festival-Lichtenvoorde (23/07).

Gugun Blues Shelter di KBRI Den Haag

GBS juga melakukan audiensi dengan Duta Besar RI untuk Belanda, I Gusti A Wesaka Puja (ketiga dari kiri pada foto di atas), bertempat di KBRI Den Haag pada 16 Juli 2016. Dalam pertemuan tersebut, Dubes Puja menyampaikan apresiasi kehadiran GBS di Belanda sebagai bentuk dukungan untuk mempromosikan Indonesia,-khususnya musik Indonesia masa kini.

“Perkembangan musik di Indonesia cukup maju, dan Indonesia memiliki banyak talenta pemusik muda, seperti band Gugun Blues Shelter. Pengenalan musik Indonesia masa kini di Belanda akan terus kami lakukan, dan kolaborasi seperti ini akan semakin mendukung diplomasi dan promosi Indonesia di Belanda”, kata Dubes Puja.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya