Mau Hindari Kesalahan Atur Uang di Usia Muda, Ini Ulasannya

Ilustrasi menabung
Ilustrasi menabung
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Saat memasuki dunia pekerjaan, namun usia masih relatif muda, ada beberapa masalah yang sering timbul di dalamnya, baik untuk yang masih lajang, atau yang sudah berkeluarga. 

Masalah tersebut adalah masalah mengatur keuangan yang jika kurang tepat, akan menimbulkan efek yang kurang baik ke depannya. Bahkan, saat sudah mulai memiliki penghasilan, kaum muda sebagian besar memiliki gaya hidup yang konsumtif yang sebenarnya akan membuat keuangan mereka kurang baik.

Untuk menghindari keadaan finansial yang kurang baik, saat sudah mulai memiliki penghasilan, sebagai kaum muda, Anda perlu memikirkan masa depan yang akan menghampiri Anda. Sehingga, tidak ada salahnya memikirkan untuk berinvestasi yang legal dan menguntungkan.

Selain itu, Anda juga disarankan lebih rajin menabung dengan asumsi suatu saat, jika ingin pergi ke mana pun, tabungan Anda siap membantu. Dan, bila menabung, berinvestasi, atau memiliki dana cadangan Anda lakukan secara terbiasa, hidup boros dan selalu menggunakan kartu kredit rasanya dapat Anda hindari.

Jika ingin keadaan finansial Anda tetap teratur di usia muda, sebaiknya hindari ke salah seperti di bawah ini : 

1. Tidak memiliki rekening tabungan

Memiliki rekening tabungan saat ini, sebenarnya merupakan salah satu kebutuhan. Siapa saja yang sudah memasuki usia muda dewasa, setidaknya harus memiliki tabungan sendiri untuk persiapan dirinya di masa depan, apalagi jika telah bekerja.