Terminal 3 Ultimate Dibuka 17 Agustus

Ruang tunggu Terminal 3 Bandara Soetta
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta akan bisa dioperasikan pada 17 Agustus 2016 mendatang saat perayaan HUT Kemerdekaan RI. 

Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar 3 Jam, Segini Tarifnya

Sebelumnya Terminal 3 Ultimate Bandara Soeta dilarang dibuka pada 20 Juni lalu lantaran belum memenuhi persyaratan dari Kementerian Perhubungan. 

Rini menyampaikan, saat ini terminal baru saingan Changi Airport ini tengah dalam proses finalisasi kesiapan pengoperasian. Sebelum beroperasi penuh, PT Angkasa Pura II (Persero) akan melakukan pengujian terlebih dahulu.

AP II Modernisasi Sub Tower AMC Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

"Terminal 3 Ultimate dalam proses. Insya Allah nanti waktu hari Kemerdekaan kita sudah operasional di sana. Malah sebelumnya sudah mulai bisa testing-testing," kata dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin 25 Juli 2016.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi menyampaikan, Terminal 3 Ultimate ini memang rencananya akan mulai beroperasi pada pekan kedua Agustus 2016. Rencana ini juga telah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan.

Ribuan Simpatisan Habib Rizieq Masuki Kawasan Terminal 3 Soetta

"Sudah disampaikan oleh Kementerian Perhubungan, akan dibuka minggu kedua yaitu di terminal khusus," tuturnya.

Budi menambahkan, permintaan Kemenhub untuk membangun menara Apron Movement Controller (AMC) telah dikerjakan. Selain itu, patung burung Garuda pun telah ditanam.

"Sudah buat (menara AMC), sudah 100 persen selesai, tinggal diverifikasi saja. Sudah mulai dibangun (patung Garuda), sudah 50 persen. Kita arahkan 17 Agustus patung Garuda sudah selesai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya