Gangguan Sistem TI di Soetta, Tiga Penerbangan Internasional Delay

Antrean penumpang di Bandara Soetta.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Sejumlah penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mengalami keterlambatan akibat gangguan pada sistem teknologi informasi (TI) di Terminal 3 pada dini hari pukul 03.30 WIB, Jumat, 23 Agustus 2019.

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

Hal itu, karena sistem check-in yang seharusnya dilakukan oleh para calon penumpang secara online, terpaksa dilakukan secara manual, hingga proses tersebut memakan waktu cukup lama dan menyebabkan antrean panjang.

"Ada tiga penerbangan yang delay, tujuannya Hong Kong, Singapura dan Jepang. Keterlambatan itu terjadi sekitar 45 sampai 60 menit," kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang.

Polres Bandara Tangkap Peretas PeduliLindungi dan Pemalsu Hasil Swab

Dengan kejadian tersebut, pihak Angkasa Pura II juga melakukan koordinasi dengan maskapai terkait untuk membantu memberikan informasi soal gangguan, dan layanan tambahan terkait dengan keterlambatan penerbangan.

"Kami lakukan koordinasi dengan maskapai soal gangguan ini supaya para calon penumpang dapat teratasi dan terlayani dengan baik," ujarnya.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

Pada pukul 04.50 WIB, seluruh layanan sistem TI sudah kembali pulih khusus di wilayah terdampak yang island A, B, dan C. Begitu pun dengan para calon penumpang yang kembali terlayani dengan baik. Terganggunya sistem tersebut setelah adanya kegagalan fungsi pada saat melakukan proses peralihan sistem.

Layanan pemeriksaan Antigen/PCR di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

Layanan PCR dan Antigen di Bandara Soetta Tetap Dibuka

Layanan tes antigen atau PCR di Bandara Seokarno-Hatta tetap dibuka, meskipun pemerintah telah meniadakan syarat tersebut

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022