Manjakan Lidah dengan Hidangan Laut Unik Khas Korea di PIK

Hidangan di restoran The Seafood Tower
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id - Beragam hidangan khas Korea semakin banyak dikenal di Indonesia. Makanan seperti tteokbokki, kimbap, bibimbap, kimchi, hingga es musim panas patbingsu juga telah akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Padahal makanan Korea masih banyak ragamnya, salah satunya adalah hidangan olahan seafood atau boga bahari. Selain terkenal akan kimchi dan olahan lainnya, Korea Selatan juga memiliki hidangan laut yang sangat terkenal. Mengingat Korea Selatan juga memiliki laut di beberapa daerah, seperti Jeju, dan juga Busan.

Penasaran seperti apa penyajian hidangan laut khas negara asal aktor tampan Song Joong Ki ini? Tidak perlu jauh-jauh hingga Korea, karena kini sebuah restoran di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara menyajikan hidangan laut khas Korea, namun tetap telah disesuaikan dengan lidah Indonesia.

Restoran yang sedang hangat diperbincangkan di media sosial ini ternyata tidak hanya memiliki tempat yang nyaman untuk berlama-lama, namun juga memiliki deretan olahan hidangan laut yang segar dan lezat, dan tentu saja khas Korea.

"Konsep diambil dari Korea. Di Korea sendiri konsep seperti ini sudah ada, tapi karena di Indonesia belum ada, kita bawa kesini," ujar Bobby Chandra, pemilik restoran The Seafood Tower, yang ditemui VIVA.co.id di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu, 27 Juli 2016.

Nama The Seafood Tower sendiri ternyata menggambarkan penyajian hidangan di restoran ini. Penyajian makanan menggunakan wadah yang ditumpuk-tumpuk hingga menyerupai menara.

Menyantap Kuliner Jepang dan Korea di Satu Tempat

Dimulai dari menara dengan tiga, lima, tujuh dan paling tinggi sembilan tiers. Setiap tier memiliki isi yang berbeda, sehingga bagi mereka yang baru pertama kali datang dijamin penasaran akan seperti apa isi tier selanjutnya.

"Namanya The Seafood Tower karena penyajian di tower seperti menara. Tower dengan tiga tiers biasanya untuk dinikmati dua orang, lima tiers untuk empat orang, tujuh tiers untuk enam orang, dan tertinggi sembilan tiers untuk delapan orang," katanya.

Hidangan di restoran The Seafood Tower

Enam Kuliner Khas Korea Utara

Isi yang berbeda juga merupakan unsur kejutan yang ditonjolkan pengalaman bersantap di sini.

Isi masing-masing tower berbeda, dan tower dengan hidangan terlengkap adalah sembilan tiers, dengan isi berupa tiram yang masih hidup dan tiram hitam Selandia Baru di bagian paling atas. Di bagian bawahnya berturut-turut adalah udang kukus hidup, produk musiman, tteokbokki dengan cheese fondue mozzarella, turam, lobster, kepiting kukus, scallop atau kerang kampak dan original seafood soup dengan rasa yang sangat gurih karena kaldunya didapat dari kukusan makanan di atasnya.

Mengapa Orang Korea Makan dengan Sumpit dari Logam?

"Bagi yang suka, bahkan di dalam sup bisa ditambahkan mi ramen dan telur, langsung dimasak didalamnya," ujar Bobby menambahkan.

Meski hidangan ini dulunya dikembangkan oleh juru masak asli dari Korea Selatan,  namun untuk rasa telah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Hidangan di restoran The Seafood Tower

"Semua di-steam, ada yang kita bumbui, ada yang tidak. Kalau Di Korea semua pure steam, tidak ada yang diberi rasa. Kita ingin ada unsur Korea di makanan kita, tapi dikembangkan dengan taste Indonesia," ujarnya.

Pengunjung juga bisa memilih dua jenis saus yang disediakan, yaitu saus andalan The Seafood Tower dan kecap asin yang bisa ditambahkan bawang putih dan cabai di dalamnya.

Hidangan di restoran The Seafood Tower

Sedangkan untuk minuman, harga hidangan tower yang disajikan di sini sudah termasuk satu botol berukuran besar minuman corn tea yang bisa diisi ulang.

Selain nyaman dan dilengkapi lantunan musik K-Pop terbaru, serta hidangan yang bisa dinikmati bersama-sama, tak heran tempat ini menjadi tujuan kuliner baru mulai dari anak muda hingga orang tua.

Disarankan, sebelum datang sebaiknya terlebih dahulu melakukan reservasi, karena jika tidak, selain lama menunggu, bisa jadi Anda bahkan tidak mendapat kursi Pemesanan tempat sebaiknya tidak dilakukan di hari yang sama.

The Seafood Tower

Rukan Crown Golf A no.29
Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Harga: mulai dari Rp269 ribu
Jam buka: 11.00- 22.00 WIB
No telp: (021) 22512603/22512611

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya