Panduan Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik

Ilustrasi operasi plastik
Ilustrasi operasi plastik
Sumber :

VIVA.co.id - Tampil cantik menjadi dambaan setiap wanita. Berbagai jalan ditempuh untuk mendapatkan penampilan yang ideal.

Salah satunya dengan cara melakukan operasi bedah plastik. Cara ini terbilang cepat dan hasilnya pun lebih tahan lama. Maka tak jarang, banyak yang tanpa pikir panjang langsung memutuskan menempuh jalan ini.

Dr dr Fonny Josh SpBP-RE(KBM), ahli bedah plastik, menyarankan untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan bedah plastik. Ada baiknya Anda menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai operasi bedah plastik, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya.

Anda juga harus tahu, bagian tubuh mana yang sekiranya butuh 'dipermak'. Jadi, ketika menemui dokter bedah plastik, Anda sudah memiliki keputusan yang mantap.

"Sebelum lakukan operasi, harus searching dulu. Jangan datang terus tanya mau operasi bagian apa. Dia (pasien) harus tahu, kurangnya di mana," ujar Fonny saat ditemui seusai Media Briefing Operasi Bedah Plastik di Hotel Borobudur, Selasa 2 Agustus 2016.

Selain itu, Fonny juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan lima hari hingga satu minggu sebelum operasi.

"Sebelum operasi, hentikan minum obat dulu, biasanya lima hari sampai seminggu. Setelah operasi, sedapat mungkin jangan makan ikan laut, telur dan makanan yang kemungkinan dapat menimbulkan alergi," ungkapnya.