Tes Mudah Mengetahui Usia Kulit Anda

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla
VIVA.co.id
Ketahui Jenis Kulit Sebelum Anda Lakukan Perawatan
- Kerutan dianggap sebagai salah satu tanda penuaan. Tapi apakah Anda benar-benar yakin bahwa kerutan di wajah atau bagian tubuh lain berkorelasi dengan usia Anda sebenarnya?

3 Alasan Wajib Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Nikmati Musik Sambil Tenangkan Pikiran

Untuk mencari jawabannya, ada tes cepat dan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri, yang kemungkinan hasilnya akan mengejutkan Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan hanya membalikkan tangan Anda, sehingga punggung tangan berada di bagian atas.
Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad


Setelah itu, cubit sedikit kulit punggung tangan dengan ibu jari dan jari telunjuk dan tahan lima detik. Yang perlu Anda perhatikan setelah itu adalah melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan kulit yang dicubit tadi untuk kembali ke kondisi semula atau datar seperti sebelumnya.  


Dikutip dari
Daily Mail
, ahli dermatologi, Dr Alexis Abramson mengatakan bahwa semakin cepat kulit kembali ke kondisi awal, maka usia kulit semakin muda. Jika dibutuhkan waktu antara satu-dua detik bagi kulit kembali ke kondisi semula, maka usia kulit di bawah 30 tahun.


Jika membutuhkan waktu tiga hingga empat detik, usia kulit sekitar 30 hingga 44 tahun. Sementara jika butuh waktu lima hingga sembilan detik, maka usia kulit sekitar 45-50 tahun. "Dan jika diperlukan waktu lebih lama dari 10 detik untuk menjadi datar, usia kulit Anda sudah lebih dari 60 tahun," katanya.


Alexis menuturkan, bila usia kulit jauh lebih tua dari usia biologis, Anda tidak perlu takut lantaran ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Dibanding dengan sejumlah produk kecantikan yang sudah sering digunakan, menurut dia, kesehatan kulit lebih banyak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.


"Jumlah air yang Anda minum dan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap hari bisa mengatakan banyak tentang Anda dan kulit Anda," kata dia.


Dan makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk membuat kulit awet muda, di antaranya biji delima, karena mengandung asam
ellagic
dan
punicalagin
, yang terbukti meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari radikal bebas. Delima juga tinggi vitamin C dan zinc yang membantu penyembuhan luka.


Selain itu, bayam juga baik dikonsumsi lantaran mengandung betakaroten dan lutein yang baik untuk kulit Anda, yakni meningkatkan elastisitas kulit. Semangka yang kaya akan vitamin C juga baik untuk membantu memproduksi kolagen dan penyembuhan luka. Buah ini juga tinggi kandungan
lycopene karotenoid
, yang membantu meningkatkan sirkulasi untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya