Nikmatnya Sajian Khas Nusantara di Kedai Tempoe Doeloe

Hidangan di Kedai Sirih Merah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id - Menyantap sajian lokal Nusantara akan lebih terasa nikmat jika didukung dengan suasana yang lokal pula. Kali ini VIVA.co.id akan memberikan referensi baru bagi Anda yang ingin menikmati aneka kuliner Tanah Air dengan suasana yang berbeda pula.

Namanya Kedai Sirih Merah. Dahulunya restoran ini memiliki konsep peranakan dengan nama Kedai Tuan Nyonya. Perubahan nama tersebut juga memengaruhi cita rasa masakan yang disuguhkan pada pelanggan. Restoran ini kini menyuguhkan aneka kuliner Nusantara dengan cita rasa lokal yang sangat kental.

"Kalau Tuan Nyonya konsepnya beda. Kita ambilnya peranakan full jadi ekspektasinya bumbunya sedikit beda dan agak hambar. (Sekarang) bumbunya kita racik ulang lagi jadi lebih kental dan berani," ujar Siska selaku pemilik Kedai Sirih Merah saat ditemui pada Rabu, 10 Agustus 2016.

Bangunan yang berupa rumah tua membuat suasana kedai ini terasa sangat homey ditambah dengan sayup-sayup alunan musik keroncong dan para pelayan ramah berseragam batik dan kebaya kutu baru yang menyambut pelanggan. Lantai kedai ini dihiasi oleh tegel kuno asli dari rumah tersebut sehingga membuat suasana tempoe doleoe masih terasa.

Meskipun berganti nama, kedai ini masih mempertahankan beberapa jejak peranakan pada interior ruangan kedai ini. Beberapa lukisan berbau Tionghoa juga tampak menghiasi dinding di beberapa ruangan kedai.

Menjajal Kelezatan Hidangan Tanah Rencong

Hidangan di Kedai Sirih Merah

Soal makanan, lidah Anda akan sangat dimanjakan dengan makanan dengan rasa bumbu yang kental. Salah satu menu andalan kedai ini adalah asam-asam iga.

Asam-asam iga sapi

Seperti namanya asam-asam ini berisi potongan daging iga dengan kuah berwarna coklat, rasa asam yang kuat dan aroma kemangi yang semakin membuat makanan ini semakin lezat.

Saat mencoba asam-asam iga ini, rasa yang menonjol pertama kali adalah rasa asam yang segar. Asam-asam iga ini memiliki bumbu yang sangat kental, tidak hambar. Daging yang disajikan pun sangat empuk dan tidak alot. Rasanya tidak begitu pedas sehingga cocok dinikmati oleh siapa saja.

Heboh, Seniman Indonesia Gelar Event 'Makan Mayit'

Hidangan di Kedai Sirih Merah

Selain itu, soka salad mangga kedai ini juga tidak kalah enak. Kepiting soka dimasak hingga lunak sehingga tidak ada satu kelezatan pun yang Anda lewatkan saat mencicipi sajian tersebut. Rasa asam pada saus mangga menambah kesegaran menu ini.

Hidangan di Kedai Sirih Merah

Menu yang menjadi andalan di kedai ini antara lain laksa Penang, asam-asam iga, jamur crispy, gurame goreng pesmol, ikan bakar pecah kulit dan soka salad mangga.

Deretan Diskon Restoran Jelang Pilkada 2017

Hidangan di Kedai Sirih Merah

Kedai Sirih Merah
Jalan Taman Kebon Sirih 1 No.5, Kebon Sirih, Jakarta Pusat
Telp: (021) 3911227
Jam buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran harga: Rp10 ribu-Rp150 ribu

Striploin.

Kelezatan Yoshuku, Western Food Ala Jepang

Yoshuku adalah gaya memasak Barat di Negeri Sakura.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2017