Aktor Pemeran Robot R2-D2 Star Wars Tutup Usia

Mendiang Kenny Baker
Sumber :
  • Twitter @ActorKennyBaker

VIVA.co.id – Kabar duka datang dari dunia perfilman Hollywood. Kenny Baker, aktor yang terkenal dengan perannya sebagai droid R2-D2 di Star Wars sejak film aslinya hadir tahun 1977 silam, meninggal dunia pada Sabtu, 13 Agustus 2016. Kenny meninggal di usia 81 tahun setelah melawan penyakit yang telah lama ia derita.

10 Film Box Office, Solo: A Star Wars Story Gagal Meledak

Kenny adalah pria di balik robot paling terkenal di dunia itu dan akan selalu dikenang sebagai ikon budaya pop. Aktor asal Inggris tersebut membintangi trilogi asli Star Wars, begitu pula dengan tiga prekuelnya dari tahun 1999 hingga 2005.

Keponakan wanita Kenny, Abigail Shield, telah mengonfirmasi kabar duka tersebut. Ia juga mengatakan bahwa terakhir kali menjenguk pamannya di Manchester bersama pencipta Star Wars, George Lucas.

Reaksi Para Selebriti Nonton Film Solo: A Star Wars Story

"Itu (kematiannya) sudah diprediksi, namun tetap sangat menyedihkan. Dia memiliki hidup yang sangat panjang dan membahagiakan. Dia membawa banyak kebahagiaan kepada orang-orang, dan kami akan memberitahukan fakta bahwa dia sangat dicintai di seluruh dunia. Kami sangat bangga dengan pencapaian di hidupnya," ujar Abigail mewakili keluarga besar Kenny, dikutip dari Hollywood Life.

Abigail juga mengatakan bahwa saat masih kecil, sang paman pernah diberi tahu bahwa ia mungkin tak akan melewati masa pubertas karena keterbatasan fisiknya. Mendiang Kenny memang memiliki tubuh yang kecil. Tingginya hampir sama dengan tinggi robot R2-D2 yang ia perankan di Star Wars, yaitu 111,76 sentimeter.

Begini Jadinya Ketika Han Solo Muda dan Senior Bertemu

Meski R2-D2 sempat muncul di film Star Wars: The Force Awakens, namun bukan Kenny yang berada di balik kostum robot tersebut. Selain Star Wars, ia juga pernah bermain di sejumlah film klasik era 1980-an, seperti The Goonies, Flash Gordon dan Time Bandits.

Pistol Han Solo dibuat dari kayu. - AFP/Getty

Pistol Han Solo di Star Wars Terjual Rp7,7 Miliar

Senjata mirip pistol yang dipakai Harrison Ford sebagai Han Solo

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2018