Wajib Tahu, Tips Mencuci Batik Sutra

Ilustrasi kain batik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA.co.id – Dalam dunia fesyen, batik telah begitu melekat di hati masyarakat Indonesia. Warisan budaya Tanah Air itu kini banyak tersedia dengan berbagai teknik pembuatan.

Didiet Maulana: Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor

Kendati demikian, masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara mencuci dan merawat batik dengan baik dan benar. Padahal cara tersebut perlu diketahui agar batik yang Anda punya tetap terjaga corak dan warnanya. Seperti cara mencuci kain batik berbahan sutra, yang memerlukan perawatan yang lebih hati-hati dibandingkan batik biasa.

Menurut perancang busana, Ivan Gunawan bahwa mencuci batik sutra motif cetak dapat dilakukan beberapa cara, yakni dengan cara tradisional dengan dikucek-kucek. Kemudian, jangan sekali-kali Anda menggunakan deterjen yang mengandung bahan-bahan kimia bersifat keras karena akan mengikis kain dan corak batiknya.

Makna 8 Motif Batik Nusantara, Dianggap Senjata Hingga Simbol Cinta dalam Pernikahan

"Untuk mencuci batik sebaiknya hindari menggunakan mesin cuci, lakukan saja cara tradisional dengan dikucek-kucek secara lembut. Jangan pakai deterjen juga, tapi pilih saja lerak atau sabun yang khusus untuk mencuci batik," ujar Ivan kepada VIVA.co.id, Minggu, 21 Agustus 2016.

Dia menambahkan bahwa ada alternatif lain selain lerak, yakni dengan menggunakan sampo atau sabun mandi. Itu karena kandungan bahan kimianya lebih rendah daripada deterjen sehingga aman untuk batik.

Fakta-fakta Batik Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO

Setelah dicuci, Anda juga tidak boleh memeras kain batik sutra jangan terlalu keras. Anda bisa mengibasnya sebelum dijemur. Terakhir, hindari menjemur di bawah terik matahari secara langsung karena membuat warna batik cepat pudar.

Seragam Haji Indonesia 2024

Cantiknya Batik Sekar Arum Sari, Resmi Jadi Seragam Baru Jemaah Haji Indonesia 2024

Seragam ini merupakan batik yang dipilih melalui Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia digelar sejak Agustus 2023. Sayembara ini dimenangkan oleh Sony adi Nugroho

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023