Badan Perpustakaan & Arsip Provinsi Jambi Memperihatinkan

Anggota Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi
Sumber :

VIVA.co.id – Sebagai sebuah perpustakaan provinsi sarana dan prasarananya memperihatinkan. Diperlukan banyak perbaikan agar menjadi ikon kota Jambi.

Tantangan Berat, Setjen dan BK DPR Dorong Pemuda Optimis Bangun NKRI

Menurut Anggota Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi, perpustakaan Provinsi Jambi terkendala dana APBD yang masih kecil sekitar Rp3 triliun. Belum lagi mesti dibagi kebeberpa kabupaten.

"Kami di Komisi X akan mendorong pembangunan fisik maupun non fisik  yang dibutuhkan perpustakaan ini. Tapi untuk sementara dimaksimalkan terlebih dahulu yang ada, coba dibuat program agar menarik pengunjung, apalagi lokasinya dekat dengan kampus dan sekolah," ujar Politisi F-Gerindra ini saat mengunjungi perpustakaan Provinsi Jambi, Jum'at 14 Oktober 2016.

DPR Minta Insiden Pembakaran Polsek Bendahara Tidak Terjadi Lagi

Ditambahkannya, akses lokasi perpustakaan  juga kecil, sehingga jika pengunjung menggunakan bus besar tidak bisa masuk. Menurut Dwi, perlu juga ada relokasi tempat. Ia juga heran, untuk selevel perpustakaan provinsi harusnya sudah e-library.

"Kita mengharapkan setelah selesainya bangunan Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka. Pemerintah pusat bisa membangun gedung baru disini. Jika seandainya RUU Sisbuk ini sudah disahkan, yang pasti perhatian terhadap perpustakaan di daerah lebih baik" ujar politisi Dapil Lampung II itu sambil menerima masukan tentang RUU Sisbuk.

Bamsoet: Anggaran Pendidikan APBN 2019 Harus Bawa Kemajuan

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Prov Jambi, Syamsurizal mengatakan, lokasi perpustakaan ini memang sulit karena tempatnya agak masuk ke dalam, dulu pernah ada rencana akan dibangun gedung 6 lantai di daerah Citra. Tapi entah kenapa akhirnya senyap, tidak ada tindak lanjutnya. Mungkin karena kemampuan APBD yang minim.  (www.dpr.go.id)

Wisata Taman Strawberry Kerinci, Jambi.

Empat Provinsi di Indonesia dengan Nol Kasus Corona COVID-19

Aceh, Jambi, Kalimantan Utara dan Riau nol kasus virus Corona.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2020