Agensi Model Australia Promosikan Model Tua

Jacky O'Shaughnessy.
Sumber :
  • facebook.com/Jacky-OShaughnessy

VIVA.co.id – Model catwalk identik dengan wanita atau laki-laki dengan tubuh proporsional, menarik, dan berusia muda. Akibatnya, banyak model yang tak lagi muda dan berkeriput yang harus meninggalkan kariernya.

Ratu Kecantikan 60 Tahun Jadi Model New York Fashion Week

Namun industri modeling perlahan berubah. Dunia fesyen yang sebelumnya banyak melakukan penolakan terhadap hal yang dianggap tak menarik dan aneh, kini menjadi lebih realistis. Panggung mode memberi kesempatan kepada model berukuran plus atau kaum difabel.

Dan kini, agensi model di Australia bernama Silverfox Management, yang didirikan oleh sejumlah investor anonim tersebut dipimpin oleh mantan model Brigitte Warne. Agensi ini membuka peluang kepada wanita atau pria dengan usia tak muda atau telah pensiun.  

Kakek Kesepian Jadi Model Telanjang, Alasannya Mengejutkan

Model dengan rambut uban, keriput, namun memiliki karakter kuat menjadi syarat menjadi model di agensi ini. "Ketika konsumen melihat model atau orang-orang yang dianggap mirip dengan mereka, itu dapat meningkatkan keinginan untuk membeli (fesyen) hingga 170 persen," ujar Brigitte Warne, mengutip penelitian baru-baru ini, seperti dilansir dari Stuff.

Dia menambahkan bahwa ini merupakan peluang yang baik, di mana banyak pengecer fesyen yang tumbuh, namun tidak memerhatikan konsumen berusia lanjut. Sementara konsumen tua ada sekitar 25 persen dari populasi penduduk Australia. Mereka menjadi konsumen yang makin sadar dengan gaya dan memiliki daya beli lebih tinggi dari sebelumnya.

Vogue Larang Model di Bawah 18 Tahun, Kenapa?

Beberapa label fesyen yang menggunakan model berusia tua, seperti Celine dan Karen Walker. Sementara baru-baru ini, model tua telah menjadi berita utama ketika melenggang di acara utama New York Fashion Week.

Label yang ikut menampilkan model tua, yakni TOME Australia termasuk Net-A-Porter dan Moda Operandi, yang memakai jasa model berusia tua Jacky O'Shaughnessy untuk memamerkan koleksi musim semi dan panas 2017. O'Shaughnessy adalah model berusia 64 tahun yang ditemukan empat tahun lalu dan muncul di iklan lingeri American Apparel.

Sementara Silverfox Management baru diluncurkan pekan lalu, dengan 55 model termasuk Yazemeenah Rossi, Pia Gronning, Anthony Varrecchia dan Garrett Swann. Persyaratan untuk menjadi model di sini, mereka harus memiliki usia antara 30 hingga 90 tahun atau lebih dengan kepercayaan diri tinggi.

"Banyak wanita tidak merasa baik dengan rambut beruban dan keriput, itulah sebabnya mengapa kita membutuhkan lebih banyak wanita seperti mereka untuk menjadi wakil di industri fesyen dan media. Kami akan senang melihat model di atas usia 30 dalam sampul Vogue," kata Warne.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya