Manfaat Air Cucian Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan

Air cucian beras.
Sumber :
  • rsud.patikab.go.id

VIVA.co.id – Saat menanak nasi, sebaiknya jangan buang air cucian beras Anda. Air beras ternyata punya sederet manfaat untuk kecantikan. Anda pasti sudah mendengar beberapa di antaranya dari kawan, nenek atau orang tua Anda.

Cara Membuat Rambut Hitam, Panjang dan Tebal dengan Air Beras

Ya, salah satu khasiat air beras yang paling terkenal adalah baik untuk kulit wajah. Cukup mengoleskan air beras pada wajah dengan kapas atau langsung membasuh muka dengan air beras lalu membilasnya dengan air dingin.

Air beras diketahui mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat kulit menjadi sehat dan cerah. Namun tidak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dari air cucian beras, berikut ini, seperti dilansir dari The Secret Yumiverse.

Ketahui Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit

Atasi diare

Air beras diketahui mampu mengatasi masalah pencernaan dan diare. Cukup minum secangkir kecil air beras hingga keluhan pencernaan hilang. Tak hanya itu, air beras juga bisa diminum setiap hari jika beras dicuci dengan air matang untuk kesehatan dan menambah energi.

Lakukan Cara Ini dan Wajah akan 10 Tahun Lebih Muda

Pembersih wajah

Celupkan kapas pada air beras lalu aplikasikan pada wajah. Ini baik untuk mengecilkan pori-pori wajah dan mencegah jerawat.

Mengobati eksim

Rendam kain bersih dalam air beras lalu kompres pada bagian yang terkena alergi atau eksim. Diamkan hingga kain tersebut beberapa menit lalu angkat sebelum kain benar-benar kering.

Meredakan kulit terbakar matahari

Cukup kompres area yang terbakar matahari untuk mendapatkan efek menyejukkan.

Masker rambut

Anda bisa menggunakan air cucian beras untuk mendapat rambut yang sehat. Caranya, siram rambut Anda dengan air beras, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Ilustrasi wanita dengan rambut sehat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya