Jaga Kadar Cairan Tubuh Tak Harus Selalu dengan Air Putih

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/priyanka98742

VIVA.co.id – Menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan sangatlah penting, terutama ketika berada di tempat bersuhu tinggi. Mengonsumsi banyak air adalah salah satu cara mengatasi kekurangan cairan pada tubuh. Namun, sebagian orang seringkali lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berikut beberapa tips sederhana yang mengingatkan Anda untuk mengonsumsi air setiap hari. Seperti dilansir Daily Meal.

Kabar Buruk Peminum Secangkir Air Panas dan Lemon Pagi Hari

1. Membawa botol minum
Cara sederhana adalah dengan membawa botol minuman setiap hari. Membawa satu botol minuman kemana pun Anda pergi akan membantu mengingatkan Anda untuk minum air setiap hari.

2. Jangan tunggu haus
Kelelahan, sakit kepala, pusing adalah sinyal dari tubuh bahwa Anda sedang kekurangan cairan. Bagaimana denga rasa haus? Banyak yang menganggap bahwa ketika Anda kekurangan cairan, Anda akan merasa haus. Oleh karena itu, meminum air sedikit demi sedikit sepanjang hari adalah penting. Meminum satu botol sekaligus juga tidak begitu disarankan.

Kurang Minum Sebabkan Fungsi Otak Anak Menurun

3. Buat air menjadi menarik
Jika Anda bukan penggemar air putih, menambahkan potongan buah segar ke dalam minuman akan membuat minuman menjadi lebih nikmat. Jeruk dan berry adalah dua yang terpopuler selain semangka dan daun mint. Mencampurkan air lemon ke dalam minuman dipercaya dapat menyeimbangkan kadar elektrolit dan mempercepat penyerapan mineral dalam tubuh.

4. Minum jus dari buah dan sayur segar
Menjaga kadar cairan tubuh tidak selalu dengan meminum air putih. Elektrolit, asam lemak dan mineral juga berperan dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mengonsumsi jus dari buah atau sayur yang kaya cairan (semangka, ketimun, tomat, strawberry dan lain-lain) juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi cairan tubuh.

Wanita Ini Alami 'Overdosis' Akibat Minum Air Putih

5. Sumber cairan lain
Selain buah dan sayuran segar, mengonsumsi air kelapa, skim milk juga baik dalam menghidrasi tubuh. Skim milk dipercaya menghidrasi tubuh lebih baik dari minuman berenergi, sedangkan air kelapa merupakan cairan isotonik yang dilengkapi oleh vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

6. Kurangi kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol memiliki sifat diuretik dan bisa menyebaban dehidrasi. Jangan konsumsi dua jenis minuman ini secara berlebihan.

Batu ginjal sebesar jahe.

Geger Batu Ginjal Sebesar Jahe, Diduga Jarang Minum Air Putih

Baru-baru ini beredar viral video yang memperlihatkan bongkahan batu ginjal yang mirip dengan jahe. Bongkahan batu ginjal tersebut ditemukan dalam tubuh pasien wanita.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023