Wakil Ketua DPR Usulkan Pembahasan RUU Pemilu Saat Reses

Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat, Agus Hermanto.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengusulkan agar pembahasan RUU Pemilu dilakukan saat masa reses. Namun, katanya, hal itu tergantung keputusan Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

Sebab jelas Agus, kepentingan RUU Pemilu sendiri sangat mendesak untuk segera disahkan menjadi UU Pemilu, yang akan berlangsung pada 2017 dan 2019 mendatang. Tujuannya, agar proses demokrasi bisa berjalan dengan baik dan kondusif.

"Sekarang ini cukup kompleks karena pemilu legislatif, dan Pilpres berbarengan, sehingga memerlukan aturan yang betul rigid dan sangat kompleks," kata Agus di Gedung Nusantara III DPR, Senin 24 Oktober 2016.

UU Pemilu Tidak Masuk Prolegnas, PKS Ngotot Direvisi

Untuk itu, Agus mengemukakan bahwa pihaknya akan melakukan rapat pimpinan guna membahas RUU Pemilu tersebut. Apakah, usai draf RUU Pemilu itu dibacakan dalam rapat Paripurna, akan disepakati juga soal masa reses tetap ada pembahasan.

"Setelah reses harus ada DIM (Daftar Inventaris Masalah), kalau gak, lebih molor lagi. Kita harap dalam waktu yang tak lama bisa disetujui antara pemerintah dan DPR. Poin krusial masih terbuka dan tertutup, dan masalah keikutsertaan parta-partai baru," ujarnya.  (webtorial)

Demokrat Tanya Alasan Jokowi Konsen Revisi UU ITE daripada UU Pemilu
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

Ada sebanyak 48 undang-undang yang yang dimohonkan pengujiannya di MK tahun 2021. UU Pemilu dan UU Cipta Kerja paling banyak digugat

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022