DPR Nilai Iklim Investasi Dalam Negeri Cukup Baik

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai situasi kekinian Indonesia saat ini cukup baik. Terlebih dalam hal ekonomi yang menjadi konsen pemerintah.

Tantangan Berat, Setjen dan BK DPR Dorong Pemuda Optimis Bangun NKRI

"Saya rasa cukup baik, apalagi sektor ekonomi yang seharusnya menjadi konsen kita semua khususnya pemerintah. Situasi ekonomi global atau dunia kan fluktuatif, tapi patut kita syukuri. Berdasarkan data terakhir Badan Pusat Statistik pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,02 persen year on year dan 3,2 persen quarter to quarter," ujar Taufik Kurniawan di Komplek DPR RI, Rabu 9 Oktober 2016.

Diakui Taufik, angka pertumbuhan ini menurun atau melambat dibanding dengan pertumbuhan pada kuartal II 2016 di angka 5,19 persen year on year dan 4,03 persen quarter to quarter.

DPR Minta Insiden Pembakaran Polsek Bendahara Tidak Terjadi Lagi

"Secara umum saya menilai angka tersebut masih bisa diterima mengingat kondisi ekonomi global atau dunia yang masih lesu. Demikian juga mengingat belanja pemerintah yang mengalami penghematan. Pelemahan konsumsi pemerintah disebabkan penghematan tersebut," ujarnya.

Taufik menambahkan, kondisi ekonomi global yang belum kuat dan harga komoditas yang rendah membuat ekonomi dalam negeri menerima imbas signifikan.

Bamsoet: Anggaran Pendidikan APBN 2019 Harus Bawa Kemajuan

"Saya kira kita patut mengapresiasi kinerja pemerintah di tengah kondisi ini, yang masih mampu mempertahankan pertumbuhan di atas 5 persen. Hal yang sama juga dikuatkan dengan konsumsi rumah tangga yang masih tumbuh kuat dengan perkembangan harga yang cukup terjaga," ujar Politisi PAN ini.

Taufik menuturkan, pelambatan ekonomi dibandingkan kuartal sebelumnya masih menggembirakan, meskipun masih harus disertai perbaikan.

"Kita masih bisa berharap banyak pada kuartal IV, dimana pemerintah akan memaksimalkan belanja pemerintah. Tentu saja kenaikan belanja menjelang akhir tahun akan berkontribusi pada peningkatan konsumsi dan investasi serta bisa menjadi pemicu kenaikan angka pertumbuhan di kuartal berikutnya. Meski harus mewaspadai kondisi ekonomi global," katanya.

Selain itu, sambung Taufik, iklim investasi dalam negeri cukup baik.

"Kesigapan pemerintah dalam merespon berbagai persoalan cukup memberi jaminan rasa aman dan iklim yang sejuk, khususny bagi investasi," katanya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya