11-11-1918: Berakhirnya Perang Dunia I

Perang Dunia I.
Sumber :
  • http://www.revolusiilmiah.com

VIVA.co.id – Hari ini 98 tahun silam. negara-negara peserta Perang Dunia I sepakat mengakhiri konflik. Mereka yang berperang yaitu Jerman, Rusia, Austria-Hungaria, Prancis, dan Inggris.

Wabah Corona: Melihat Lockdown di Berbagai Negara Eropa

Mengutip situs History, berakhirnya perang ditandai dengan penandatangan kesepakatan gencatan senjara (armistice) antara pasukan Sekutu dengan Jerman di luar kota Compiegne, Prancis.

Perang yang berlangsung mulai 28 Juni 1914 hingga 11 November 1918 itu telah menewaskan sembilan juta tentara dan melukai 21 juta lainnya di Eropa.

Belarus, Satu-satunya Negara Eropa yang Tidak Khawatir dengan Corona

Selain itu, sedikitnya lima juta warga sipil tewas akibat penyakit, kelaparan, maupun dampak lainnya akibat perang.

Pemantik perang akibat pembunuhan atas pewaris tahta Kekaisaran Austria-Hungaria, Archduke Franz Ferdinand, di Sarajevo. Bosnia.

Bawakan 17 Lagu, Franz Ferdinand Sukses Hentak Jakarta

Austria-Hungaria lalu menuduh Serbia bertanggungjawab atas insiden itu dan menjadi alasan untuk memberantas gerakan nasionalisme Slavic.

Mereka akhirnya mendeklarasikan perang atas Serbia sehingga pecahlah Perang Dunia I. Perang tersebut dikenal sebagai "perang untuk mengakhiri semua peperangan" antarkekuatan Eropa.

Austria-Hungaria mulai membombardir Serbia sehingga memancing Rusia untuk memobilisasi pasukan.

Di lain pihak, sebagai sekutu Rusia, Prancis pun memobilisasi pasukan. Ini yang membuat Prancis dan Jerman menyatakan saling berperang.

Jerman lalu menyerang Belgia pada 3-4 Agustus 1914, sehingga menyulut kemarahan dari Inggris, sebagai sekutu Belgia dan Prancis.

Situasi berubah saat Rusia diguncang revolusi dalam negeri, saat kaum Bolshevik menumbangkan kekuasaan Tsar Nicholas pada 1917 dan memilih berdamai dengan Jerman.

Pada 1918, Amerika Serikat setuju membantu Inggris dan Prancis melawan Jerman. Terdesak oleh krisis ekonomi dalam negeri dan tekanan dari musuh baru, Jerman akhirnya sepakat berdamai dengan Sekutu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya