Perbaikan Irigasi di Merauke Mendesak Dilakukan

Anggota Komisi IV DPR Sulaeman Hamzah
Sumber :

VIVA.co.id – Infrastruktur irigasi di Kabupaten Merauke untuk mengairi areal sawah perlu segera diperbaiki. Banyak irigasi yang rusak, bahkan irigasinya hanya mengandalkan air hujan dengan membangun kanal-kanal sebagai tadah hujan. Ini butuh perhatian serius pemerintah, apalagi Merauke sudah ditetapkan sebagai lumbung pangan nasional.

DPR Minta Insiden Pembakaran Polsek Bendahara Tidak Terjadi Lagi

Delegasi Komisi IV menyayangkan kondisi irigasi di Merauke yang tidak bisa optimal mengairi areal sawah. Padahal, pemerintah juga sudah menargetkan tahun ini membuka lahan satu juta hektar di Merauke. Anggota Komisi IV DPR Sulaeman Hamzah mengatakan, ada beberapa kendala yang masih dihadapi pemerintah setempat, yaitu irigasi dan tata ruang. Irigasi merupakan masalah krusial di Merauke.

“Yang mendesak saat ini, bagaimana irigasi yang ada diperbaiki secara total. Rata-rata semuanya rusak,” ujar Sulaeman, Sabtu 12 November 2016, di Merauke, Papua.

Bamsoet: Anggaran Pendidikan APBN 2019 Harus Bawa Kemajuan

Ditambahkannya, hingga kini, seluruh irigasi yang ada belum mendukung untuk mencetak sawah baru di Merauke. Pengairan areal sawah yang masih mengandalkan air tadah hujan, hasilnya pun tidak akan maksimal.

Pemda dan pemerintah pusat, memang, dituntut serius mengatasi sistem irigasi ini. Potensi air yang ada harus dicermati untuk mengairi daerah persawahan di Merauke.Persoalan lain adalah tata ruang berupa alih fungsi lahan. Tata ruang di Papua, sambung Anggota F-Nasdem ini, belum tuntas diselesaikan, terutama menyangkut lahan hutan. Alih fungsi hutan menjadi areal pertanian harus dimaksimalkan. Bila sudah dialihkan, maka kebutuhan SDM pertanian pun jadi keniscayaan yang perlu dipikirkan ke depan. (www.dpr.go.id)

Amandemen UU BPK, DPR Harap Pengelolaan Keuangan Negara Lebih Baik
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar

Tantangan Berat, Setjen dan BK DPR Dorong Pemuda Optimis Bangun NKRI

Agar punya wawasan kebangsaan memadai menatap Indonesia ke depan.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2018