Instruksi Jokowi Soal KUR Sektor Pertanian

Presiden Jokowi Tinjau Pemanfaatan Dana Desa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengatakan, alokasi anggaran kredit usaha rakyat untuk sektor pertanian sangat minim. KUR sektor pertanian dan kehutanan hanya 15 persen, sangat kecil dibanding sektor lain.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Jokowi menyebutkan, informasi yang diterima sampai 31 Juli 2016, akses permodalan bagi petani untuk KUR sebesar 68 persen. Tetapi, hanya untuk sektor besar dan eceran.

"Sedangkan KUR yang disalurkan untuk sektor pertanian dan kehutanan hanya 15 persen," lanjut Jokowi dalam rapat kabinet, di kantornya, kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa 6 Desember 2016.

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Lanjut Jokowi, target dana KUR tetap dipertahankan pada kisaran Rp100-120 triliun pada 2017. Dia juga meminta, agar menteri koperasi dan UKM menghidupkan lagi koperasi di setiap desa untuk menyalurkan KUR bagi sektor pertanian.

"Namun, saya minta dibuatkan skema khusus untuk alokasi KUR di sektor pertanian, yang didasarkan pada karakteristik komoditas yang menjadi prioritas," katanya. (asp)

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas
Rizky febian dan Mahalini Resmi Menikah pada Jumat, 10 Mei 2024

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Turut merasakan bahagia atas pernikahan Mahalini dengan Rizky Febian sebelum acara resepsi pernikahan  sudah hadir karangan bunga yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024